Trending Topik

Varian Baru Covid-19 India Melonjak di Indonesia, Luhut: Inilah Kesalahan Kita Ramai-ramai

Abadikini.com, JAKARTA – Varian baru COVID-19 dari India (Delta) telah menyebar di sejumlah wilayah di Indonesia. Varian baru itu kini telah mendominasi penyebaran kasus di Kudus, Jawa Tengah, lalu di DKI Jakarta, dan Bangkalan, Jawa Timur. Ketiga wilayah provinsi ini kini masuk menjadi zona merah COVID-19.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) menilai dengan menyebarnya varian COVID-19 India di Indonesia sekarang ini bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak.

“Saya kira Pak Budi, Budi Sadikin sedang kerja keras walaupun lagi pusing menghadapi Covid, naiknya eksponensial, dengan adanya masuknya indian varian ini, varian India ini. Ini supaya juga kita sama-sama kesempatan ini berkaca, inilah kesalahan kita ramai-ramai,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/6/2021).

Menurut Luhut, penyebaran varian COVID-19 India yang begitu cepat tak lepas dari adanya masyarakat yang tetap melakukan mudik saat larangan telah diberlakukan. Luhut berharap agar kasus ini bisa menjadi renungan baik bagi semua pihak.

“Pemerintah sudah habis-habisan supaya stay at home tidak mudik, kemarin kita ramai-ramai, ini sekarang buahnya. Jadi kita semua melakukan perenungan,” tuturnya.

Selain itu, Luhut juga menyinggung masih adanya pemimpin yang tidak memberi contoh kepada masyarakat agar tidak melakukan mudik. Hal itu berimbas pada masyarakat lain yang telah memilih untuk tetap di rumah.

“Kalau kita pemimpin tidak memberi contoh, ini dampaknya seperti sekarang. Banyak korban yang tanpa kita sadari langsung atau tidak langsung akibat kelakuan kita sendiri,” katanya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker