Trending Topik

Mbak Tutut Klaim Keberhasilan Rezim Soeharto, Ekonomi RI Tumbuh 7 Persen TiapTahun, Penak To?

Abadikini.com, JAKARTA – Putri sulung Presiden ke-2 RI Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana atau akrab yang disapa Mbak Tutut mengklaim keberhasilan sang Ayah memimpin Indonesia 32 tahun.

Menurut Tutut, Soeharto yang diangkat sebagai presiden pada 1966 silam berhasil membawa perekonomian Indonesia tumbuh di atas 7 persen setiap tahunnya.

“Lalu ada era Orde Baru. Bangsa kita berhasil membangun ekonominya tumbuh konstan di atas 7 persen per tahun,” kata Tutut dalam acara perayaan 1 Abad HUT Soeharto di Masjid At-Tin, Jakarta, dikutip, Rabu (9/6/2021).

Lanjut Tutut, Soeharto juga berhasil menekan angka kemiskinan di Indonesia sejak Orde Baru berkuasa. Kemiskinan berhasil di tekan hingga sebesar 11 persen pada tahun 1997.

“Hal itu membuat penghargaan demi penghargaan dari dunia internasional diterima Indonesia,” ujarnya.

Tutut berujar, prestasi Soeharto memang luar biasa dengan didasari program pembangunan berencana yang dilakukan selama berkuasa hampir 32 tahun.

Landasan pembangunan itu, kata dia, selalu mengacu pada mandat MPR dan Garis-garis Besar Haluan Negara melalui Pelita dan Repelita.

“Bahkan pada akhir Orde Baru bangsa ini pada level new industrial country di Asia, ada juga yang menyebutkan sebagai Macan Asia,” kata Tutut.

“Capaian itu enggak bisa dipungkiri. Suka dan tak suka jadi pijakan tahapan-tahapan pembangunan hingga saat ini,” ujarnya.

Sejumlah pengamat ekonomi menyebut capaian Orde Baru itu mempunyai kelemahan lantaran dibangun di atas pondasi ekonomi yang rapuh lantaran berbasis utang, tak menetes ke rakyat.

Diketahui, Tutut dan keluarga Cendana menggelar acara doa bersama peringatan 100 tahun kelahiran Soeharto di Masjid At-Tin, Kompleks TMII, Jakarta Timur, Selasa (8/6). Sejumlah tokoh hadir dalam acara tersebut.

Mereka antara lain Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua MPR Bambang Soesatyo, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Bagaimana menurutmu guys?

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker