Trending Topik

Duber RI Panama City Gelar Lomba Menyanyi Lagu Indonesia di Empat Negara, Ini Para Pemenangnya

Abadikini.com, PANAMA CITY – KBRI Panama City telah memilih pemenang kontes Lomba Menyanyi Lagu Indonesia di Youtube untuk warga negara Panama, Honduras, Kosta Rika dan Nikaragua. Lomba tersebut digelar pada pada 6 April – 19 Mei 2021.

Lomba diselenggarakan dalam upaya memperkenalkan Indonesia serta menciptakan hubungan persahabatan antara masyarakat dari 4 negara tersebut dan masyarakat Indonesia, melalui alunan musik dan lagu.

Pada 3 Juni waktu setempat, Dubes RI Panama City Sukmo Harsono menyerahkan hadiah secara simbolis serta mengapresiasi secara langsung kepada para pemenang atas upaya dan kreativitasnya dalam menyanyikan lagu Indonesia.

“Saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas usaha yang telah dilakukan para peserta dalam menyanyikan lagu-lagu Indonesia dengan sangat baik”, ujar Dubes Sukmo dalam keterangannya kepada Abadikini.com, Jumat (4/6/2021).

“Saya menganggap kalian semua sebagai friends of Indonesia, dan sebagai bagian dari bangsa Indonesia”, lanjut wakil ketua umum Partai Bulan Bintang (PBB) nonaktif itu.

Dalam lomba menyanyi ini, para peserta diwajibkan menyanyikan 2 lagu Indonesia yang telah dipilihkan dan mengunggah video ke akun Youtube mereka. Lagu utama yang dibawakan oleh para peserta lomba adalah Rayuan Pulau Kelapa.

Untuk lagu kedua diberikan pilihan antara lain Kopi Dangdut, Meraih Bintang, dan Rindu untuk kategori dewasa. Sedangkan untuk kategori anak-anak pilihannya adalah Kembali ke Sekolah, Abang Tukang Bakso, dan Paman Datang.

Penyelenggaraan lomba menyanyi lagu Indonesia ini mendapatkan hasil diluar ekspektasi. Per tanggal 31 Mei saat pengumuman para pemenang, total views yang dihasilkan dari video seluruh peserta mencapai 10.943.

“Mengingat banyak masyarakat di empat negara tersebut tidak mengenal Indonesia, target kami tidak terlalu tinggi, yakni total 5000 views dari unggahan video di Youtube oleh para peserta. Namun diluar dugaan, views yang dihasilkan dari seluruh peserta mencapai lebih dari 10.000”, ungkap Dubes Sukmo.

Dubes RI Panama City Sukmo Harsono menyerahkan hadiah secara simbolis serta mengapresiasi secara langsung kepada para pemenang atas upaya dan kreativitasnya dalam menyanyikan lagu Indonesia. Foto: dok.KBRI Panama City/Abadikini.com

Para pemenang mengapresiasi inisiatif KBRI Panama City dalam menyelenggarakan lomba menyanyi.

“Sebagai musisi, saya dapat memahami bagaimana musik dapat menghubungkan sebuah bangsa dengan bangsa lainnya”, kata Génesis González, pemenang lomba dari Panama.

Umumnya mereka mengakui pada awalnya mengalami kesulitan untuk menyanyikan lagu Indonesia. Namun tidak bagi Paula Fallas Sánchez, pemenang dari Kosta Rika yang pernah tinggal selama 3 tahun di Salatiga, Indonesia.

“Bahasa Indonesia dan Spanyol memiliki kemiripan dalam pengucapannya sehingga menyanyikan lagu Indonesia menurut saya tidak terlalu sulit”, jelas Paula.

Lomba menyanyi lagu Indonesia ini merupakan kali pertama diselenggarakan oleh KBRI Panama City dan mendapat dukungan dari Yayasan Tahir.

Sebelumnya, KBRI Panama City juga telah mempromosikan dan memperkenalkan Indonesia di Panama, Honduras, Kosta Rika, dan Nikaragua, melalui berbagai macam cara.

Antara lain mendatangkan grup seni dan budaya Saung Udjo pada 2018, menyelenggarakan Lomba Karya Tulis mengenai Indonesia ditahun 2019, serta aktif mengikuti berbagai kegiatan festival seni, budaya dan gastronomi yang diselenggarakan oleh pemerintah atau organisasi setempat.

Berikut lantunan lagu Indonesia yang dinyayikan warga Panama, Honduras, Kosta Rika, dan Nikaragua dan dinobatkan sebagai pemenang:

Génesis González
https://youtu.be/gTYlWBLvKpA

Chanisa Chance Alvendas
https://youtu.be/cM0XRsEOMM8

Paula Alejandra Fallas Sánchez
https://youtu.be/GgOqihSsQoQ

Carmen Andrea Núñez Banegas
https://youtu.be/B0sxkNGJmG4

Paola Andrea Palacios Martínez
https://www.youtube.com/watch?v=UZrBvd-ennY

Yarisa Nicol Ponce Villafranca
https://youtu.be/YbyAraL4FdU

Bagimana menurut sahabat abadi, keren kan?

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker