Kebun di Atas Awan, Kebun Milik Bupati Ruksamin yang Jadi Spot Wisata Alam Favorit di Konawe Utara

Abadikini.com, WANGGUDU – Ada objek wisata alam baru yang menarik di Konawe Utara. Bupati Konawe Utara Ruksamin mengembangkan wisata alam ‘kebun di atas awan’ yang patut dikunjungi oleh warga lokal atau luar daerah.

Disebut kebun di atas awan karena kebun itu memang berada di ketinggian. Lebih tepatnya berada di puncak gunung Desa Awila, Kecamatan Molawe, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Seperti dikutip Abadikini.com dari tempo.co, di kebun itu, para pengunjung dimanjakan dengan suguhan pemandangan alam nan asri yang dikelilingi awan putih serta udara yang sejuk. Yang menarik lagi, kebun itu ternyata dikelola langsung oleh sang Bupati Ruksamin.

Politisi Partai Bulan Bintang ini mulanya menanam beberapa bunga untuk mengusir hama yang merusak tanaman perkebunannya. Seiring waktu, bunga yang ditanamnya menjadi banyak dan rimbun sehingga menjadi pemandangan yang indah.

“Awalnya kita tanam bunga di sekitar sini supaya lalat bunganya tidak datang ke sini (tanaman perkebunannya). Tapi, alhamdulillah karena semua indah, bagus penataannya, selain kita bisa mendapat rezeki kita juga bisa menyenangkan teman-teman (pengunjung), kata Ruksamin, Selasa (1/6/2021).

Ia mengaku bersyukur karena selain tanaman perkebunannya aman dari gangguan hama, ia bisa sekaligus membuat warga sekitar, termasuk dari daerah lain bisa berekreasi dan menikmati keindahan.

Bupati Konawe Utara, Ruksamin (kiri), Selasa (1/6/2021). (ANTARA/Saharuddin)

Wisatawan yang hendak ke kebun di atas awan tak dipungut biaya. Bahkan di sana, Ruksamin menyediakan beberapa fasilitas seperti tempat duduk dan gazebo dari kayu untuk mendukung pengunjung ber-swafoto serta lampu lampion yang jika malam hari terlihat indah ketika menyala.

Di tengah kesibukannya memimpin suatu daerah, ia masih bisa mengatur waktu untuk berkebun dan beralih berprofesi menjadi seroang petani. Ketika bertani, Ruksamin terlihat tak jauh beda dengan petani lainnya. Ia terlihat sederhana dengan memaki topi ayaman.

Ia mampu merubah dan menyulap sebuah bukit menjadi sebuah lokasi berkenunan yang indah dan mampu menarik perahatian bukan hanya hama pengganggu tanaman, namun juga masyarakat sekitar termasuk warga luar daerah yang melintas.

Vidya Pratiwi, salah seorang pengunjung asal Kota Kendari mengaku puas dan merasa senang bisa menyempatkan mampir di tempat itu. Menurut dia, suasana alam yang sejuk serta pemandangan indah mampu menghilangkan kejenuhan dan kepenatan dalam menjalani aktivitas.

“Indah sekali, ini baru pertama kali ke sini, tadinya berkunjung ke rumah saudara dan disempatkan singgah disini. Pemandangannya sangat indah,” kata Vidya.

Edi, pengunjung lainnya juga mengaku ia bersama anak istrinya senang karena banyak spot indah untuk berfoto di kebun di atas awan. “Ini sangat unik sekali karena kita bukan hanya melihat tanaman pertanian tetapi juga kebun-kebun bunga. Banyak bunga, anak saya senang. Bagus lah tempatnya,” kata dia.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker