Penyediaan Layanan Satelit Dalam Negeri, Indonesia Gandeng Maxar

Abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia berencana menjalin kerjasama dengan perusahaan Amerika Serikat, Maxar untuk penyediaan layanan satelit di dalam negeri.

Hal ini disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate. Menurut Johnny ndonesia membutuhkan 1 terabyte per second (TBps) untuk pemerataan layanan telekomunikasi dalam waktu dekat

“Kami juga mendiskusikan terkait dengan kebutuhan satelit Indonesia sampai dengan 10 tahun ke depan, di mana tadi kami menyampaikan bahwa Indonesia sebagai salah satu di negara ASEAN yang membutuhkan banyak sekali kapasitas satelit,” ujar Johnny usai melakukan pertemuan dengan Maxar, Selasa (25/52021).

Johnny mengatakan Maxar berpengalaman dalam menyediakan tiga satelit untuk keperluan satelit Indonesia, di antaranya satelit BRI, satelit Merah Putih, dan satelit Nusantara.

“Kita baru saja selesai dengan negosiasi dan sedang dalam proses produksi High Throughput Satelite SATRIA-1. Setelah itu, masih banyak kebutuhan satelit untuk pemenuhan kebutuhan telekomunikasi kita, baik untuk electronic government maupun kebutuhan komunikasi lainnya,” ujar Johnny

Johnny menyampaikan Indonesia membutuhkan banyak kapasitas satelit untuk backup. Sebab, dia berkata satelit tidak mungkin tanpa backup. Maxar dinilai berpengalaman, serta memiliki relasi dan jaringan yang kuat untuk mengembangkan bisnis dan memenuhi kebutuhan satelit Indonesia.

“Tentunya kami menyambut baik dan ingin terus membangun relasi yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan hubungan ekonomi bilateral Indonesia dan Amerika Serikat, yang tentu harus diterjemahkan secara tepat oleh pelaku-pelaku usaha, dunia bisnis baik businessman dan industri di Amerika Serikat maupun businessman dan industri yang ada di Indonesia,” ujar Johnny.

Dalam pertemuan itu, Johnny juga membahas potensi pemanfaatan transfer teknologi serta peningkatan kualitas SDM Indonesia, hingga potensi pemanfaatan lokal komponen dan lokal konten atau yang dikenal dengan TKDN.

Menkominfo menegaskan kerja sama di bidang teknologi telekomunikasi dan satelit yang berlangsung dengan negara-negara mitra termasuk Amerika Serikat, memiliki tujuan agar Indonesia mampu meningkatkan internet link ratio dan memperkecil disparitas internet antar wilayah.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker