Transformasi Digital Sepakbola, La Liga Gaet Microsoft

Abadikini.com, JAKARTA – Asosiasi sepakbola Sapnyol, La Liga, telah memperluas kemitraannya dengan Microsoft. Kemitraan tersebut akan fokus pada transformasi digital dalam olahraga, termasuk sepakbola secara global.

Microsoft akan membantu mengembangkan solusi teknologi untuk industri media dan hiburan melalui layanan teknologi La Liga yaitu, La Liga Tech.

Hal ini disampaikan Microsoft dalam keterangan tertulis, Senin (24/5/2021). Raksasa teknologi itu akan membantu dalam mengembangkan solusi baru dan memanfaatkan solusi yang ada untuk mendorong inovasi di seluruh industri olahraga.

Sementara, LaLiga menyebutkan akan menggunakan Microsoft Azure, termasuk AI (artificial intelligence), untuk platform OTT (over-the-top) LaLigaSportsTV dan platform Mediacoach (visualisasi dan statistik pertandingan) demi menciptakan kembali pengalaman dan format audio visual interaktif.

“Kami menghargai Microsoft sebagai mitra inovasi dan teknologi kami dan kami sangat mengapresiasi bagaimana mereka serius berkolaborasi untuk membangun solusi inovatif yang bertujuan untuk memecahkan tantangan bisnis khusus untuk industri kami,” ujar Javier Tebas (President of LaLiga).

“Kami bergerak ke dalam suatu era yang teknologi akan menjadi pusat dari pengalaman penggemar dan insight dari data akan menangani pertumbuhan global berikutnya,” tambah Javier Tebas.

LaLiga dan Microsoft juga menyampaikan akan bekerja sama dalam mengembangkan solusi teknologi untuk industri media dan hiburan. Solusi teknologi tersebut akan dihantarkan melalui layanan teknologi LaLiga, yakni LaLiga Tech.

Sebagai mitra Global dalam teknologi dan inovasi LaLiga, seperti telah disebutkan, Microsoft akan mendorong inovasi. Selain itu, inovasi yang ditawarkannya juga untuk berbagai stakeholder seperti penggemar, pemegang hak siar, dan manajer tempat acara.

Untuk Penggemar Olahraga
Azure Event Hubs, Azure Data Lake, Azure Databricks, dan Azure Machine Learning akan memberikan penyempurnaan data statistik dalam siaran pertandingan dan pilihan OTT streaming yang dipersonalisasi seperti pemilihan sudut kamera dalam pertandingan. LaLiga akan menawarkan pengalaman baru seperti AR (augmented reality), VR (virtual reality), dan 3-D replay.

Untuk Pemegang Hak Siar, Penyiar, dan Mitra Komersial
Azure, Dynamics 365, Power BI, SQL Database dan Azure Cosmos DB, serta Azure Machine Learning akan membuat platform OTT streaming dapat menampilkan rekomendasi yang dipersonalisasi serta pengalaman pengguna yang lebih baik lagi berkat konten, gim, dan layanan yang relevan.

Untuk Manajer Tempat Acara
Power BI dan Azure akan menyederhanakan operasional stadion melalui inovasi dalam keamanan, serta akan memanfaatkan 5G untuk pengalaman lebih baik di dalam stadion.

Inovasi yang hadir dari kolaborasi LaLiga dan Microsoft itu akan pula dikemas LaLiga melalui LaLiga Tech untuk ditawarkan ke pihak lain sebagai penawaran komersial untuk industri olahraga. Hal bersangkutan diyakini LaLiga akan membantunya melakukan perluasan ke suatu era baru dalam olahraga dan meningkatkan pengalaman penggemar olahraga.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker