Trending Topik

Luar Biasa, Pekerja Pelabuhan di Italia Tolak Angkut Kargo Senjata Dikirim ke Israel

Abadikini.com, JAKARTA – Sejumlah pekerja pelabuhan Italia di Kota Livorno pada menolak mengangkut kargo senjata dan bahan peledak setelah mengetahui tujuan pengiriman kargo tersebut ke Pelabuhan Ashdod Israel.

Ketua serikat pekerja pelabuhan Italia L’Unione Sindacale di Base (USB) menegaskan bahwa mereka enggal mejadi kaki tangan Israel dalam pembantaian rakyat Palestina.

“Pelabuhan Livorno tidak akan menjadi kaki tangan dalam pembantaian rakyat Palestina,” kata L’Unione Sindacale, dikutip dari kantor berita WAFA Palestina, Rabu (19/5/2021).

L’Unione Sindacale mengatakan kapal tersebut berisi senjata dan bahan peledak yang akan membunuh warga sipil Palestina, yang telah dilanda serangan hebat yang telah menewaskan ratusan korban sipil, termasuk anak-anak.

Sebuah laporan oleh The Weapon Watch, sebuah LSM berbasis di Genoa yang memantau pengiriman senjata di pelabuhan Eropa dan Mediterania, memberitahu serikat pekerja pelabuhan informasi tujuan kapal dan isinya.

LSM tersebut mendesak pemerintah Italia untuk mempertimbangkan apakah mereka menangguhkan sebagian atau semua ekspor militer Italia ke wilayah konflik Israel-Palestina.

Meskipun pengiriman tersebut tetap berlanjut ke Napoli, karena sebagian besar pekerja pelabuhan lainnya terus memuat kapal, kelompok pekerja Italia lainnya telah menyerukan koordinasi antara pekerja pelabuhan untuk mencegah pengiriman senjata yang dapat digunakan untuk mengebom Gaza.

Pekerja USB akan mengambil bagian dalam protes jalanan untuk menyerukan penghentian segera pemboman di Gaza, kata serikat pekerja dalam sebuah pernyataan, The Independent melaporkan.

Pada Kamis, belasan kendaraan lapis baja dibawa ke kota pesisir Genoa di Italia barat laut untuk dikirim ke wilayah pendudukan.

Para pekerja, yang berencana untuk menolak operasi pengiriman, juga mengutip kekhawatiran keamanan yang sah tentang bahaya yang melibatkan penanganan kontainer yang memuat senjata.

Serikat pekerja Italia yang pertama kali melaporkan penolakan mereka juga mengatakan bahwa buruh B / M juga akan mengadakan protes pro-Palestina di jalan-jalan Livorno pada hari Sabtu.

Protes itu akan diadakan “dalam solidaritas dengan penduduk Palestina dan untuk meminta segera menghentikan pemboman Gaza.”

Unjuk rasa itu juga untuk mendesak penghentian penyitaan rumah-rumah Palestina, di mana mereka telah hidup di bawah pendudukan militer selama bertahun-tahun.

Hal ini mengacu pada upaya militer Israel awal bulan ini untuk memaksa keluarga Palestina keluar dari lingkungan Sheikh Jarrah di kota suci al-Quds di Tepi Barat yang diduduki Tel Aviv.

Protes telah terjadi di berbagai kota di Italia pada minggu ini, menyusul agresi Israel terhadap warga Palestina di jalur Gaza dan Yerusalem.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker