Trending Topik

Yatim Mandiri Salurkan Donasi Majlis Ta’lim Arafah untuk Palestina

Abadikini.com, SIDOARJO – Ketua Majlis Ta’lim (MT) Arafah Sidoarjo, Elva Tazar bersama puluhan Wanita Muslim Sidoarjo peduli korban konflik Kemanusiaan di Palestina. Kegiatan bertempat di Majlis Ta’lim Arafah, Jl. Pondok Jati 3 Blok CS No. 9, Sidoarjo.

Yatim Mandiri mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersimpati dan membantu korban konflik kemanusiaan di Palestina. Hadir Direktur Fundraising Yatim Mandiri, Andriyas Eko V. dan Sekretaris Pengurus Yayasan Yatim Mandiri, Rudi Mulyono

Yatim Mandiri di bulan Ramadhan memberikan banyak donasi. Korban yang tercatat lebih dari 200 orang penduduk sipil Palestina telah meninggal dunia, 52 di antaranya anak-anak, 31 perempuan dan 1225 terluka parah akibat bombardir serangan yang dilakukan oleh aggressor Israel. Target obyek bangunan sipil seperti kantor berita dan rumah sakit.

Sebagai aksi Emergency Responds, Yatim Mandiri telah mengirimkan sejumlah bantuan yang telah diterima penduduk Palestina. Bantuan itu berupa bantuan dana untuk pembangunan masjid Al Istiqamah, bantuan makanan dan obat-obatan yang diterima 300 penduduk Palestina di wilayah Al Quds serta bantuan makanan dan obat-obatan untuk 1500 penduduk diwilayah Gaza.

Ketua Majlis Ta’lim (MT) Arafah Sidoarjo, Elva Tazar menjelaskan, pihaknya melihat, Palestina kembali bergejolak sejak akhir Ramadhan. Ini akibat dibombardir oleh zionis Israel.

“Kita tidak bisa tinggal diam atas kejadian zalim ini. Mereka sangat menderita, kita sebagai umat islam wajib menjaga masjidil Aqsa, kita harus berbuat sekecil apapun itu,” ujarnya. Rabu, (19/5/2021).

Ia menjelaskan, donasi sukarelawan mulai tahap pertama 20 jam di akhir Ramadhan dapat Rp 15 juta, lalu tahap kedua sekarang Rp 60,2 juta. Donasi ini tidak hanya berasal dari Sidoarjo, tapi juga Pekanbaru, Padang, Bogor, Jombang, Banyumas, Surabaya dan Jakarta. Lanjut Elva, pihaknya akan menyerahkannya melalui yayasan Yatim Mandiri karena lebih cepat sampai ke Gaza.

“Melalui Yatim Mandiri kami percayakan donasi ini, karena kita juga tidak mungkin yang ke Gaza, kami percaya pada Yayasan Yatim Mandiri, insyallah amanah. Selain itu, juga ada barang kami yang dilelang yakni 2 sajadah dengan nilai per sajadah 5 juta, jadi dapat 10 juta hari ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Fundraising Yatim Mandiri, Andriyas Eko V mengungkapkan, “Alhamdulillah kami Yatim Mandiri sebagai lembaga Amil Zakat Nasional memang harus ikut berpartisipasi dan terlibat dalam setiap permasalahan umat.

“Artinya, permasalahan yang dihadapi saudara umat muslim kita di Palestina harus kita bantu mereka. Di sana kita dibantu para relawan, mitra, sehingga insyallah bantuan donasi dari donatur insyallah cepat sampai di sana,” tegasnya.

Disinggung soal sampainya bantuan ke Palestina, Eko menyatakan, bantuan sampai disana paling lama satu Minggu. Sebenarnya bantuan ini bukan bantuan yang pertama.

“Sebelumnya, ada bantuan Program Paket Lebaran, Buka puasa, dan Pembangunan Masjid. Jadi ini bantuan yang kedua, bantuan lainnya makanan dan obat-obatan. Ini penting, untuk obat-obatan kita serahkan ke Rumah Sakit yang menjadi tempat penampungan korban di sana,” tambahnya.

Bantuan yang telah diberikan ini nilainya masih sangat kecil dibandingkan dengan jumlah korban jiwa dan kerugian akibat konflik kemanusiaan yang terjadi.

“Oleh karena itu, Yatim Mandiri kembali mengajak masyarakat untuk memberikan simpati dan donasi kemanusiaan untuk saudara-saudara kita di Palestina,” tutup Andriyas Eko V.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker