Wisata Reliji, Pesona Megahnya Masjid Kuba Emas

Abadikini.com, DEPOK – Masjid Kuba Emas – Depok ini dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid pada 2001. Masjid ini resmi dibuka untuk umum pada 31 Desember 2006 atau bertepatan dengan hari raya Idul Adha.

Sesuai namanya, lima kubah di masjid ini berlapis emas murni 22 karat dengan ketebalan 2-3 milimeter. Angka 5 melambangkan Rukun Iman. Sementara Rukun Islam disimbolkan lewat menara masjid yang berjumlah enam buah.

Tidak hanya kubah, beberapa sudut lain di masjid ini juga dilapisi emas. Mulai dari relief hiasan di atas tempat imam salat, pagar di lantai dua, hiasan kaligrafi di langit-langit masjid, mahkota pilar masjid, hingga lampu gantung di area utama masjid.

Ternyata masjid ini nggak cuma terkenal sebagai tempat ibadah, tapi juga terkenal sebagai destinasi wisata religi favorit masyarakat sekitar.

Dengan kubah asli emas yang cantik, tempat dengan detail yang terinspirasi dengan masjid yang ada di Timur Tengah, dan fasilitas sekitar masjid yang nyaman tentu bikin orang-orang betah menghabiskan waktu di tempat ini.

Masjid ini sangat ramai pengunjungnya, setiap harinya, hampir 7,000 orang datang ke Masjid Kubah Mas Depok ini. Ternyata nggak cuma menarik perhatian traveler domestik, tapi turis mancanegara juga pernah kesini.

Pesona kemegahan masjid tampak dari bebatuan marmer yang menghiasi hampir seluruh sudutnya. Mulai dari lantai, dinding, hingga puluhan pilar yang menopang keseluruhan bangunan. Kombinasi warna emas, coklat, dan kekuningan juga jadi daya tarik tersendiri.

Area khusus jamaah wanita memiliki sebuah halaman luas berukuran 57×45 meter. Pelataran ini merupakan tempat terbaik untuk mengagumi indahnya arsitektur bangunan masjid.

Selain itu, hiasan dekoratif pada dinding-dinding masjid, bentuk pilar, dan langit-langit lorong di sekeliling halaman seolah memancarkan keindahan yang tak berhenti membikin decak kagum. Benar-benar betah rasanya menghabiskan waktu di sini.

Memasuki area dalam masjid, kemegahan akan semakin terasa. Sebuah lampu gantung seberat 2,7 ton di tengah langit-langit ruangan menjadi daya tarik utama. Kehadiran puluhan pilar menjulang tinggi memberikan kesan kokoh dan agung.

Beda dengan bagian luar, interior masjid ini lebih didominasi corak monokrom dengan sentuhan krem untuk memberi nuansa teduh dan hangat. Sedangkan langit-langit tempat lampu gantung justru didesain mirip langit sesungguhnya, dengan paduan warna biru dan putih.

Penyandang gelar termegah di Asia Tenggara, dengan kapasitas hingga 20.000 jamaah, masjid ini menyediakan sejumlah fasilitas pendukung yang bisa dikatakan cukup wah. Mulai dari tempat wudhu dan toilet bersih, taman hijau dengan hamparan pohon palem dan mangga, kafetaria, toko pernak-pernik, hingga lahan parkir luas.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker