Inilah 5 Peristiwa yang Memicu Perang Dunia Ke-1

Abadikini.com – Perang Dunia I, yang berlangsung dari 1914 hingga 1918, memperkenalkan dunia pada kengerian perang parit dan teknologi baru yang mematikan seperti gas beracun dan tank. Hasilnya adalah beberapa pembantaian paling mengerikan yang pernah terjadi di dunia, dengan lebih dari 16 juta personel militer dan warga sipil kehilangan nyawa mereka.

Perang Dunia I juga secara radikal mengubah peta, yang menyebabkan runtuhnya kerajaan Austro-Hongaria, Ottoman, dan Rusia yang luas yang telah ada selama berabad-abad, dan pembentukan negara-negara baru untuk menggantikan mereka. Lama setelah tembakan terakhir dilepaskan, kekacauan politik dan pergolakan sosial terus berlanjut, dan akhirnya menyebabkan konflik global yang lebih besar dan lebih berdarah dua dekade kemudian.

Peristiwa yang memicu kebakaran besar tersebut adalah pembunuhan ahli waris Kekaisaran Austro-Hongaria, Archduke Franz Ferdinand, pada tahun 1914. Namun sejarawan mengatakan bahwa Perang Dunia I sebenarnya adalah puncak dari rangkaian peristiwa yang panjang, mulai dari akhir tahun 1800-an. Jalan menuju perang termasuk banyak kesalahan perhitungan dan tindakan yang ternyata memiliki konsekuensi yang tidak terduga.

Mengutip laman History, dari serangkaian peristiwa yang ada setidaknya ada lima peristiwa yang menyebabkan perang tersebut.

Aliansi Perancis-Rusia (1894)
Baik Rusia maupun Prancis, yang telah dipermalukan dalam Perang Prancis-Prusia tahun 1870-71, takut akan bangkitnya kekuatan Jerman, yang telah membentuk aliansi dengan Austria-Hongaria dan Italia. Jadi kedua negara memutuskan untuk bergabung untuk saling melindungi juga. Itu adalah awal dari apa yang akan menjadi pihak Sekutu, Triple Entente, dalam Perang Dunia I.

Hukum Angkatan Laut Jerman Pertama (1898)
Undang-undang ini, yang didukung oleh Sekretaris Angkatan Laut Kekaisaran Jerman yang baru diangkat, Laksamana Alfred von Tirpitz, secara dramatis memperluas ukuran armada perang Jerman. Itu adalah yang pertama dari lima undang-undang yang mendikte pembangunan di mana Jerman membayangkan membangun kekuatan yang lebih unggul dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

“Tirpitz bertujuan memaksa Inggris bersekutu dengan Jerman dengan istilah Jerman,” jelas Eugene Beiriger , profesor studi sejarah, perdamaian, keadilan, dan konflik di DePaul University, dan penulis buku 2018 World War I: A Historical Exploration of Sastra.

Sebaliknya, Inggris menanggapi dengan membangun lebih banyak kapal, dan dengan mengakhiri kebijakan “isolasi yang luar biasa” pada akhir tahun 1880-an untuk membentuk aliansi dengan Jepang, Prancis, dan Rusia.

Perang Rusia-Jepang (1904-1905)
Tsar Nicholas II dari Rusia ingin mendapatkan pelabuhan yang memberikan akses kepada angkatan laut dan kapal komersialnya ke Pasifik, dan dia menetapkan situsnya di Korea. Jepang melihat meningkatnya agresivitas Rusia sebagai ancaman, dan melancarkan serangan mendadak terhadap armada Nicholas di Port Arthur di Cina.

Perang yang dihasilkan, baik di laut maupun di darat di China, dimenangkan oleh Jepang, dan seperti yang dicatat Beiriger, hal itu membantu menggeser keseimbangan kekuatan di Eropa. Sekutu Rusia Prancis dan Inggris, yang bersekutu dengan Jepang, menandatangani perjanjian mereka sendiri pada tahun 1904 untuk menghindari ditarik ke dalam perang.

Prancis kemudian meyakinkan Rusia untuk menjalin aliansi dengan Inggris juga, meletakkan dasar bagi aliansi mereka dalam Perang Dunia I. Selain itu, “Ekspansi Rusia di Timur telah dihentikan oleh Jepang,” kata Beiriger. “Ini mengubah ambisi Rusia ke barat, terutama di Balkan, dan memengaruhi kelompok garis keras dalam pemerintahan untuk tidak mundur dalam krisis di masa depan.”

Daya tempur Rusia itu membantu memicu Perang Dunia I kurang dari satu dekade kemudian.

Aneksasi Bosnia dan Herzegovina oleh Austria-Hongaria (1908)
Di bawah perjanjian 1878, Austria-Hongaria memerintah Bosnia dan Herzegovina, meskipun secara teknis mereka masih menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman. Tetapi setelah pemerintah Austria-Hongaria mencaplok wilayah mereka, tindakan itu menjadi bumerang. Penduduk Slavia di dua provinsi yang sebagian besar ingin memiliki negara sendiri, sementara orang Slavia di Serbia yang berdekatan memiliki ambisi untuk mengambil alih provinsi itu sendiri.

“Di kerajaan multi-etnis, semangat nasionalis memicu perlawanan terhadap penguasa yang jauh,” kata Doran Cart, kurator senior Museum dan Memorial Perang Dunia I Nasional. “Ketegangan sangat tinggi di Balkan, di mana orang-orang Slavia, dibantu oleh Slavia Rusia, melawan kekuasaan Austria-Hongaria.” Selain itu, langkah tersebut menarik Rusia, yang melihat dirinya sebagai pelindung Serbia, menuju pertarungan bertahap dengan rezim Austro-Hongaria.

Krisis Maroko Kedua (1911)
Prancis dan Jerman berselisih selama beberapa tahun atas Maroko, di mana Kaiser Wilhelm II dari Jerman ikut campur dalam upaya untuk menekan aliansi Prancis-Inggris. Dalam Krisis Maroko Pertama pada tahun 1905, dia benar-benar berlayar ke Tangier untuk menyatakan dukungannya kepada sultan Maroko melawan kepentingan Prancis. Tetapi alih-alih mundur dari konflik, Inggris bangkit untuk mendukung Prancis.

Dalam Krisis Maroko Kedua pada tahun 1911, Menteri Luar Negeri Jerman, Alfred von Kiderlen- Wächter, mengirim kapal penjelajah angkatan laut untuk berlabuh di pelabuhan di pantai Maroko, sebagai reaksi atas pemberontakan suku yang menurut Jerman didukung oleh Prancis sebagai sebuah dalih untuk merebut negara.

Sekali lagi, Inggris mendukung Prancis, dan akhirnya, Jerman dipaksa untuk setuju mengakui protektorat Prancis di Maroko. Kedua krisis tersebut mendorong Inggris dan Prancis semakin dekat, dan hanya mempercepat konfrontasi dengan Jerman.

Sumber Berita
Male.co.id

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker