Roket Chine Akan Jatuh ke Bumi pada Sabtu 8 Mei 2021

Abadikini.com, JAKARTA – Amerika Serikat (AS) melaporkan puing-puing roket Long March 5B milik China diprediksi akan jatuh ke Bumi pada Sabtu (8/520). AS meminta China untuk bertanggungjawab untuk mengatasi ancaman bagi manusia itu.

Komando Luar Angkasa AS diketahui sedang melacak puing-puing dari Long March 5B, yang pekan lalu meluncurkan modul utama stasiun luar angkasa permanen pertama China ke orbit. Puing roket diperkirakan sepanjang 30 meter, menjadi bagian dari puing-puing ruang angkasa terbesar yang jatuh ke Bumi.

Melansir The Guardian, Aerospace Corp memperkirakan puing-puing roket China itu akanmmenghantam Pasifik dekat Khatulistiwa setelah melewati kota-kota AS bagian timur. Orbitnya mencakup sebagian besar planet dari Selandia Baru ke Newfoundland.

Departemen Pertahanan AS juga memprediksi puing itu jatuh ke Bumi pada hari Sabtu (7/5), meskipun di mana itu akan menabrak tidak dapat ditentukan sampai beberapa jam setelah masuk Badan antariksa China belum mengatakan apakah roket itu dikendalikan atau akan turun di luar kendali. Tapi surat kabar Global Times, yang diterbitkan oleh Partai Komunis China, mengklaim material roket akan mudah terbakar di atmosfer, menimbulkan risiko yang sangat jauh bagi manusia.   Jonathan McDowell, astrofisikawan di Universitas Harvard telah meramalkan beberapa potonga roket akan tetap masuk kembali ke Bumi. Jika benar, itu setara dengan kecelakaan pesawat kecil.

“Terakhir kali mereka meluncurkan roket Long March 5B, mereka berakhir dengan batang logam besar yang panjang terbang melintasi langit dan merusak beberapa bangunan di Pantai Gading,”katanya.Melansir The Verge, analis memperkirakan ada kemungkinan yang sangat tinggi bahwa potongan-potongan dari roket akan jatuh ke laut.

“Sebagian besar bumi tertutup air, jadi hampir tidak ada risiko,” kata Dan Oltrogge, pendiri.

Koalisi Keamanan Luar AngkOltrogge berkata kebanyakan tahap roket inti tidak memasuki orbit. Mereka biasanya jatuh ke laut tepat setelah peluncuran setelah mendorong tahap roket lain yang lebih kecil ke orbit.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker