Mudik Lebaran Dilarang, PBNU Imbau Silaturahim Secara Virtual

Abadikini.com, JAKARTA – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Helmy Faishal Zainy, mengimbau kepada umat Islam, khususnya warga nahdliyin, untuk tidak mudik Lebaran. Karena, menurut dia, silaturahim sekarang sudah bisa dilakukan secara virtual di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Sayangi keluarga, silaturahim cukup virtual,” ujar Helmy dalam siaran persnya, Kamis (6/5/21).

Helmy mengatakan, mudik sebagai media silaturahim adalah sebuah tradisi yang baik. Namun, karena situasi pandemi, menghindar dari risiko penularan dengan tidak melakukan mudik adalah lebih utama.

“Silaturahim merupakan salah satu ajaran yang sangat dianjurkan oleh Islam. Silaturahim adalah salah satu media yang bisa digunakan untuk merekatkan kembali nilai-nilai persaudaraan. Silaturahim bisa dilakukan dengan banyak cara,” ucapnya.

Selain itu, kata Helmy, kegiatan halal bihalal setelah Idul Fitri sekarang juga sudah bisa dilakukan secara virtual. Karena itu, tambahnya, umat Islam harus melakukannya dengan cara-cara yang bisa meminalisasi kontak fisik.

“Dalam konteks menghadapi pandemi seperti saat ini, silaturahim dan halal bihalal bisa dilakukan melalui cara-cara yang sedapat mungkin meminimalisir kontak fisik. Silaturahim bisa dilakukan secara virtual,” tandas Helmy.

“Ini sama sekali tidak mengurangi nilai dan esensi silaturahim. Sebab yang utama adalah menyambung rasa kasih sayang,” imbuhnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker