Trending Topik

Luar Biasa, Mewakili Bupati se-Indonesia Ruksamin Paparkan Tapal Batas Sultra-Sulteng Dihadapan Mendagri

Abadikini.com, JAKARTA – Bupati Konawe Utara, Ruksamin mewakili Bupati se Indonesia menghadiri rapat koordinasi Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian yang dilaksanakan di gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri melalui tatap muka dan secara virtual, Jumat (30/4/2021). Hadir juga tiga Gubernur yang mewakili, satu Walikota.

Mendagri menegaskan dalam rapat koordinasi tersebut berencana percepatan batas daerah yang masih kurang jelas di seluruh Indonesia dengan sejumlah 311 segmen.

“Kemendagri dan Pemda harus berkolaborasi dalam usuran ini,” kata Tito Karnavian.

Untuk itu, Tito menyarankan kepada seluruh Gubernur, untuk membuat tim dalam percepatan batas daerah tersebut melalui SK yang diterbitkan oleh daerah dan dilakukan verifikasi dengan berbagai target disetiap minggunya dengan masa waktu sampai 2 Juli 2021 untuk masukan laporan hasil verifikasi.

Melalui kesempatan itu, Bupati Konawe Utara Ruksamin melakukan presentase bahwa Konawe Utara mendukung penuh karena berada diujung utara Sulawesi Utara (Sultra) dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) ini berharap, dengan adanya percepatan mengenai batas wilayah ini dapat mempererat hubungan antara wilayah Kabupaten Konawe dan juga Kabupaten Konawe Utara melalui jalur Routa yang terdapat pemukiman transmigrasi dengan penghasilan komoditas hasil perkebunan lada yang melimpah yang didukung.

“Dengan disetujuinya program pemerintah berupa perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan seperti yang disampaikan oleh Perwakilan Bappeda Provinsi Sultra pada saat Musrenbang beberapa waktu lalu sehingga permasalahan jalan yang menjadi kebutuhan vital di jalur tersebut dapat teratasi,” harap Bupati Konawe Utara dua periode ini.

Baca Juga

Back to top button