Trending Topik

Gempar, Lumba-Lumba Ukuran Dua Meter Ditemukan di Empang Warga Maros, Sulsel

Abadikini.com, MAROS – Warga Dusun Marana, Desa Marannu Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan ( Sulsel ) dibuat gempar dengan munculnya seekor lumba-lumba di salah satu empang milik warga setempat pada, Kamis (29/4/2021).

Lumba-lumba dengan panjang ukuran 2 meter kurang lebih itu terlihat asyik berenang di Empang warga meski empang tersebut dangkal. Sesekali si Lumba-lumba itu menampilkan atraksi berputar dan muncul dipermukaan air dengan moncong mulutnya.

Mamalia ini diduga terpisah dari kelompoknya saat berenang di laut kemudian masuk ke aliran sungai hingga 5 kilometer sebelum tersesat ke dalam empang warga Maros.

Haji Haris pemeilik empang mengaku kaget saat akan melakukan rutinitasnya sehari-hari untuk mengecek empangnya. “Saya kaget saat melihat ada ikan besar di empang, ternyata ikan lumba-lumba. Kejadian itu merupakan hal langka dan baru pertama kali terjadi di Maros,” tuturnya.

Keberadaan lumba-lumba tersebut menurutnya sangat mustahil lantaran jarak laut dengan lokasi empang sekitar 5 kilometer. Rasa penasaran membuatnya turun ke empang untuk memeriksa langsung.

“Setelah saya turun, saya sempat dekati dan benar lumba-lumba seperti ada di televisi,” bebernya.

Penampakan Lumba-Lumba Ukuran Dua Meter Ditemukan di Empang Warga di Maros, Sulsel. Foto: Istimewa

Lumba-lumba yang berukuran dua meter ini diduga masuk ke dalam empang dari aliran sungai, karena pada malam hari sungai itu sempat pasang.

“Hewan ini lompat masuk, dinding empang ini tinggi dan tidak ada juga lubang besar,” jelasnya.

Anggota Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Maros, Ikhwanul, mengatakan, pada tubuh lumba-lumba itu ditemukan luka lecet di bagian kepala setelah terkena akar pohon bakau. Namun secara keseluruhan kondisinya dikatakan stabil.

Akan tetapi, lanjut Ikhwanul, pihaknya segera mengevakuasi hewan tersebut dan mengembalikannya ke habitat asli.

“Lumba-lumba ini kondisinya ada luka lecet di bagian kepala akibat tergores. Rencananya besok pagi baru kami evakuasi, karena aliran sungai juga sudah surut,” jelas Ikhwanul.

Kabar terdampar dan terperangkapnya lumba-lumba ini cepat beredar ke warga melalui aplikasi whatsapp. Sehingga sejak siang, beberapa warga Maros berdatangan ke empang milik H Haris untuk melihat langsung kejadian langka tersebut.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker