Ceramah di Gereja, Gus Miftah Ajarkan Toleransi

Abadikini.com, JAKARTA – Pendakwah Gus Miftah kembali menjadi perbincangan warganet usai ceramah di Gereja. Pendakwah yang sering berceramah di tempat hiburan malam dan lokalisasi itu kini banjir pujian.

Video ceramah tersebut diunggah Gus Miftah di Instagram pada Jumat (30/4/2021).

Terlihat pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji Sleman ini berbicara dari balik mimbar dengan latar belakang salib besar di dinding.

Pada video tertera, saat itu Gus Miftah tengah menghadiri acara peresmian GBI Amanat Agung Jakarta.

Ia pun memberi nasihat singkat yang kemudian membuatnya makin dikagumi warganet karena menyejukkan.

Terlebih, Gus Miftah menunjukkan toleransi dengan menutup nasihatnya menggunakan kata “shalom”, salam yang biasanya digunakan umat Nasrani.

“Di saat aku menggenggam tasbihku, dan kamu menggenggam salibmu. Di saat aku beribadah di istiqlal, namun engkau ke katedral.

Di saat bioku tertulis Allah SWT, dan biomu tertulis Yesus Kristus. Di saat aku mengucap assalamualaikum, dan kamu mengucapkan shalom.

Di saat aku mengeja Al’Qur-an, dan kamu mengeja Alkitab-mu. Kita berbeda saat memanggil nama Tuhan. Tentang aku yang menengadahkan tangan dan kau yang melipatkan tangan saat berdoa. Aku, kamu, kita.

Bukan istiqlal dan katedral yang ditakdirkan berdiri berhadapan dengan perbedaan, namun tetap harmonis. Andai saja mereka memiliki nyawa, apa tidak mungkin mereka saling mencintai dan menghormati antara satu dan yang lainnya? Terima kasih. Shalom. Assalamualaikum wr wb,” tutur pendakwah bernama lengkap Miftah Maulana Habiburrahman.

Melalui kolom komentar, Gus Miftah lantas panen pujian. Warganet mengaku bangga dan kagum pada Gus Miftah karena nasihatnya yang menyejukkan.

“Mantab gus , luar biasa , aku bangga padamu,” tulis @man***.

“Selalu menyejukkan ceramah gus miftah itu,” tambah @nur***.

“Terbaik memang, salah satu tokoh pionir toleransi di indonesia,” ungkap @azi***.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker