Anies Baswedan Dinilai Sulit untuk Nyapres

Abadikini.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai sangat sulit untuk maju nyapres pada 2024 mendatang. Hal tersebut dikatakan Pengamat Politik Arie Putra

Bukan tanpa alasan, menurut Arie, mengunci kesepakatan dengan partai politik secepat mungkin akan sangat berpengaruh kepada potensi Anies menjadi capres.

“Salah satu cara tercepat mengunci kesepakatan itu ya menjadi kader partai tertentu. Yang mana suaranya bisa menjadi alat tukar untuk menuju calon presiden,” ujarnya Selasa (27/4/2021).

Arie juga mengatakan bahwa paling tidak, Anies harus diusung oleh partai yang masuk dalam lima besar. Sebab, partai yang kuat bisa menjadi lead bagi koalisi.

“Di situ, Pak Anies bisa menjadi calon presidennya. NasDem misalnya, membuka konvensi untuk Pak Anies menyampaikan pendapatnya,” kata Arie.

Menurut Arie, sulit bagi Anies Baswedan untuk menjadi capres. Terlebih lagi Anies akan libur dari jabatan publik selama dua tahun.

Tidak hanya itu, untuk menjadi capres, Anies Baswedan harus mengambil risiko yakni bergabung dengan partai politik.

“Beda cerita kalau dia masih menjadi pejabat hingga 2024. Bahkan, untuk mencalonkan di DKI lagi, Anies akan kesulitan. Banyak yang akan terjadi, perlu perjaungan ekstra untuk nyapres,” pungkas Arie. (*)

Baca Juga

Back to top button