Trending Topik

Orang Dalam Istana Sebut Jokowi Bakal Reshuffle Dua Menteri Besok

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan reshuffle atau perombakan kabinet. Dua menteri dijadwalkan akan hadir di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4)
“Iya (reshuffle kabinet). Dua menteri,” kata sumber CNNIndonesia di lingkaran Istana Kepresidenan, Selasa (27/4/2021).

Sumber itu mengatakan reshuffle kabinet ini menyusul perubahan nomenklatur kementerian. Jokowi akan melantik menteri investasi serta menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Ia menyebut Bahlil Lahadalia yang akan dilantik sebagai menteri investasi. Adapun Nadiem Makarim tetap akan memimpin kementerian di bidang pendidikan yang kini digabung dengan ristek.

“Investasi Bahlil. Dikbud tambah nomenklatur saja,” ujarnya.

Juru Bicara Presiden M Fadjroel Rachman mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo akan mengumumkan sendiri jika akan melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

“Sebenarnya sampai saat ini Presiden Joko Widodo belum pernah menyatakan akan melakukan reshuffle kepada publik. Apabila reshuffle memang diperlukan, maka Presiden sendiri yang akan mengumumkan dan menyampaikan kepada publik seperti reshuffle kabinet 22 Desember 2020 di Beranda Istana Merdeka,” kata Fadjroel Rachman.

Fadjroel mengatakan, saat ini hanya ada persetujuan (pertimbangan) dari DPR soal pengubahan Kementerian berupa penggabungan Kemenristek/BRIN dan Kemendikbud/Dikti menjadi kementerian baru berdasarkan Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian.

“Hal ini sesuai dengan sejumlah pertimbangan yang tercantum pada Pasal 18 ayat 2 tentang pengubahan kementerian UU No.39/2008 tentang Kementerian Negara. Tentu pertimbangan pemerintahan sesuai perkembangan kebutuhan dan aspirasi rakyat,” jelasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker