Cegah Penyebaran Covid-19, Warga di Alahan Panjang Dipantau Lewat Aplikasi ‘Si Lacak’

Abadikini.com, ALAHAN PANJANG – Masyarakat di Nagari Aie Dingin, Nagari Salimpek dan Nagari Alahan Panjang, Kabupaten Solok bisa merasa aman dari bahaya Covid-19 karena mereka di pantau langsung oleh tim tracer dari Puskesmas Alahan Panjang melalui aplikasi silacak.

Hal itu dijelaskan Darmayanti, SKM selaku Kepala Puskesmas Alahan Panjang ketika membuka kegiatan on job training Aplikasi Silacak bersama petugas Tracer Covid-19 di Aula Puskesmas setempat, Senin, (24/4/2021).

Kegiatan yang digelar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat itu dihadiri oleh Camat Lembah Gumanti, Wali Nagari di Wilayah Kerja Puskesmas Alahan Panjang, Danramil 10 Lembah Gumanti, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, petugas puskesmas dan peserta lainnya.

Kata Darmayanti, dengan adanya aplikasi itu, pencegahan dan pengendalian penyebaran covid diwilayah kerja puskesmasnya bisa dilakukan sedini mungkin. Selain itu, orang yang diduga kontak dengan pasien terkonfirmasi positif covid dapat segera diketahui oleh petugas. “Melalui aplikasi silacak, pihak puskesmas bersama TNI dan Polri bisa memantau perkembangan pasien covid dan orang-orang yang diduga kontak dengan mereka yang positif terpapar virus mematikan itu,”ungkap Darmayenti dihadapan peserta On Job Training Aplikasi Silacak di Alahan Panjang, hari ini.

Sementara itu Danramil Lembah Gumanti Kapten Chb. Indra Gunawan menjelaskan pihaknya akan optimal memantau pertahanan warga dari Covid-19 ini. Bersama Bhabinkamtibmas dan peran aktif masyarakat setempat, dia yakin penyebaran covid di wilayah binaannya bisa dilakukan optimal.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan petugas Tracer Covid-19 ini kata Indra memang bertujuan untuk mendukung penelusuran Kontak erat kasus Covid-19 yang berada di wilayah binaan, dalam kegiatan ini para petugas Tracer Covid-19 diajarkan untuk dapat mengidentifikasi dini warga yang terpapar virus Covid-19. “Dalam pelaksanaannya Babinsa bersinergi dengan Bhabinkamtibmas dan instansi terkait lainnya yang ada di wilayah binaan akan melakukan penelusuran kontak erat kasus positif Covid-19”, pungkasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker