Amerika Serikat Siap Sediakan Vaksin Covid-19 Bantu India

Abadikini.com, WASHINGTON – Amerika Serikat memastikan bakal segera menyediakan bahan untuk membuat vaksin, alat tes, ventilator, hingga alat pelindung diri kepada pemerintah India yang kini menghadapi lonjakan luar biasa covid-19.

“Amerika Serikat telah mengidentifikasi sumber bahan mentah spesifik yang sangat dibutuhkan untuk pembuatan vaksin Covishield di India yang akan segera tersedia untuk India,” kata pernyataan Gedung Putih, dikutip AFP, Minggu (25/4/2021).

Washington juga telah “mengidentifikasi pasokan terapeutik, kit uji diagnostik cepat, ventilator, dan Alat Pelindung Diri (APD) yang akan segera tersedia untuk India,” kata pernyataan juru bicara Dewan Keamanan Nasional Emily Horne.

Tetapi tidak disebutkan apakah AS akan mengirim jutaan kelebihan dosis vaksin AstraZeneca ke India, setelah penasihat pandemi AS Anthony Fauci mengatakan hari Minggu bahwa itu akan dipertimbangkan.

Amerika Serikat memiliki sekitar 30 juta dosis vaksin AstraZeneca berbiaya rendah yang tidak disetujui untuk digunakan di negara tersebut, dan Fauci mengatakan kepada program berita “Minggu Ini” ABC bahwa gagasan untuk mengirimnya ke India akan menjadi “sesuatu yang siap untuk dilakukan. pertimbangan aktif. ”

India seperti diketahui kembali mencatat rekor kasus Covid-19 dengan 346.786 kasus dalam 24 jam terakhir. Peningkatan kasus yang signifikan itu akibat gelombang kedua pandemi di negara tersebut.

Kementerian Kesehatan India menyampaikan kematian harian akibat Covid-19 juga melonjak, yaitu naik 2.624 kasus menjadi total 189.544.

Baca Juga

Back to top button