Saat Anies Terlihat Sumringah Memanen Padi Meskipun di Jakarta Tak Ada Sawah

Abadikini.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlihat gembira memanen padi. Diketahui di DKI tidak ada sawah.

Rupanya panen tersebut merupakan kolaborasi antara Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Makmur, Desa Jenang, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap dengan BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya.

“Alhamdulillah, pagi tadi panen padi bersama di lahan sawah seluas 50 hektare di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Hampir 99% kebutuhan pangan DKI Jakarta dipasok dari luar dan kita memiliki ketergantungan yang amat tinggi dengan daerah lain dan Jakarta merasa bersyukur bisa bekerja sama dengan Cilacap menyiapkan ketahanan pangan untuk warga di ibu kota,” kata Anies dikutip lewat akun Facebooknya, Senin (19/4/2021).

Menurut dia, ikhtiar bersama tersebut untuk memastikan pasokan pangan di Ibu Kota terjaga selama bulan Ramadan dan menyambut Idul Fitri 1442 Hijriah. Kegiatan panen bersama antara Food Station dengan Gapoktan Sumber Makmur Cilacap adalah kegiatan lanjutan kolaborasi antardaerah yang dimulai sejak 2018.

Menurut Anies, Pemkab Cilacap dan Gapoktan Sumber Makmur berperan menyiapkan pengadaan lahan dan petani. Sementara Pemprov DKI Jakarta melalui Food Station melakukan beragam pendampingan kepada petani dan off taker produk pertanian.

Pendampingan yang dilakukan Food Station terhadap Gapoktan Sumber Makmur antara lain terkait pendampingan dalam pemilihan varietas; pendampingan dalam pascapanen; Food Station sebagai off taker memberikan jaminan harga; memotong mata rantai pembelian gabah milik petani, sehingga petani bisa tetap sejahtera; serta kolaborasi ini dapat digunakan oleh petani untuk mendapatkan pembiayaan.

“Prinsip saling menguntungkan inilah yang membuat pergerakan perekonomian di ibu kota juga ikut dirasakan sampai ke daerah-daerah. Kita ingin memastikan hadirnya kolaborasi yang berkeadilan bagi semua, yakni membuat masyarakat Jakarta mendapat beras berkualitas dengan harga terjangkau, dan yang paling penting petani di Cilacap merasakan peningkatan kesejahteraan,” katanya.

Atas nama warga Jakarta, Anies berterima kasih dan mengapresiasi kerja bersama BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya, Gapoktan Sumber Makmur, Kepala Perwakilan BI Purwokerto, Pak Bupati Tatto S. Pamuji serta jajaran Pemerintah Kabupaten Cilacap.

“Insya Allah kolaborasi ini bisa kita perluas di aspek-aspek lain. Karena kita semua menyadari bahwa kebersamaan, gotong royong itu adalah sifat dasar bangsa kita,” katanya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker