Dubes Sukmo Harsono Serahkan Surat Kepercayan kepada Presiden Republik Panama

Abadikini.com, PANAMA – Duta Besar RI untuk Panama Sukmo Harsono menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Panama Laurentino Cortizo Cohen di Istana Presiden, Palacio de Las Garzas, Panama City, Kamis (15/4/2021) waktu setempat.

Presiden Panama Laurentino Cortizo Cohen menyampaikan ucapan selamat datang kepada Dubes Sukmo di Panama. Pemerintahannya akan bekerja sama dengan Indonesia, tidak saja secara bilateral, namun juga pada forum- forum internasional.

“Saya harapan agar Indonesia dapat menjadikan Panama sebagai gerbang ekonomi di kawasan Amerika Latin dan Karibia,” kata Cortizo

Dubes Sukmo Harsono menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Presiden Laurentino Cortizo Cohen dan rakyat Panama.

Sukmo menyambut baik harapan Presiden Panama dan akan mengusulkan kepada Menteri Perdagangan RI untuk membuka warehouse di Colon Free Trade Zone sebagai ruang promosi produk Indonesia.

Selain itu, wakil ketua umum Partai Bulan Bintang nonaktif itu juga menyampaikan harapan agar pemerintah Panama dapat mengeluarkan Indonesia dari daftar restricted country Panama dalam pemberian visa untuk dapat meningkatkan people-to-people contact.

“Hubungan diplomatik RI – Panama berlangsung sejak 1979 dengan ditandatanganinya MoU oleh kedua negara di New York, yang ditindaklanjuti dengan pembukaan Kedutaan Besar Panama di Jakarta pada 1999 dan pembukaan Kedutaan Besar RI di Panama City pada tahun 2010. Sebelumnya Panama dirangkap oleh KBRI Mexico City,” jelasnya.

Kunjungan tingkat tinggi pertama kalinya tercatat pada tahun 2018 dimana Wakil Presiden Panama, Isabel de Saint Malo de Alvarado, berkunjung ke Indonesia pada 25-30 Oktober 2018 dan melakukan pertemuan dengan Wapres RI, Menlu RI, Mendag RI, Ketua DPR RI, serta Sekjen ASEAN.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker