Tentara dan Polisi Di Papua Buru Kelompok KKB Pembakar Helikopter

Abadikini.com, JAYAPURA – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tidak hanya mengancam dunia pendidikan di Papua, dan untuk kesekian kalinya KKB kembali menebar aksi teror dunia penerbangan.

Kali ini, satu unit helikopter milik PT Ersa Eastern Aviation dibakar oleh KKB di Bandara Udara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (11/4/2021) malam. Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri.

“Betul, KKB kembali melakukan aksi keji mereka dengan membakar 1 unit helikopter di Bandara Aminggaru Ilaga Puncak,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi, hal senada juga disampaikan Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa. “Benar, setelah melakukan aksi teror di dunia pendidikan, KKB kembali melakukan aksi teror di dunia penerbangan,” katanya.

Kapen Kogabwilhan III mengatakan bahwa KKB membakar sebuah helikopter di Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Minggu malam 11 April 2021, dan saat ini aparat TNI-Polri sedang mengejar pelaku teror tersebut.

Menurut Kolonel Czi IGN Suriastawa, fakta ini menambah daftar aksi terorisme KKB sebagai Front Bersenjata OPM. “Ini merupakan aksi teror KKB yang kesekian kalinya terhadap dunia penerbangan di Papua, terakhir bulan lalu mereka menyandera pilot yang berkebangsaan Selandia Baru,” jelasnya.

Sementara itu, menurut informasi dari pihak PT Ersa Eastern Aviation, helikopter yang dibakar KKB merupakan helikopter rusak, tidak laik terbang dan dalam proses perbaikan.

Selanjutnya Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan bahwa tindakan ini merupakan aksi keji yang dilakukan KKB untuk mengganggu dunia penerbangan, dimana akses ke Ilaga Puncak hanya bisa dilakukan dengan pesawat udara.

“Saat ini TNI-Polri masih memburu kelompok ini dan kami akan menindak tegas KKB yang melakukan aksi brutal di Ilaga,” pungkasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker