Wakil Bupati Wakatobi Bertekad Kembalikan 4 Warganya yang Disandra ASG ke Kampung Halaman

Abadikini.com, WAKATOBI – Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud bertekad untuk memulangkan empat warganya yang diduga disandra oleh kelompok Abu Sayyaf Group (ASG).ke kampung halaman.
Ilmiati Daud mengatakan bahwa dirinya telah berkoordinasi dan konsultasi dengan Direktorat Perlindungan WNI dan Badan Hukum Kemenlu terkait WNI yang diduga diculik oleh kelompok ASG.

“Karena minggu lalu itu para korban ini sudah dipulangkan dan sudah tiba di Indonesia. Oleh pihak Kemenlu dilakukan karantina selama lima hari baru bisa menemui keluarganya,” katanya saat ditemui diruangannya kantor sekretariat daerah Kabupaten Wakatobi, Kecamatan Wangiwangi, seperti disadur dari zonasultra.com, Jumat, (9/4/2021).

“Setelah itu akan diserahkan secara fisik oleh pihak Kemenlu ke pemda. Kemudian pihak kemenlu akan mendampingi hingga pemulangan korban sandera di rumah masing-masing,”sambung Ilmiati Daud yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Wakatobi ini.

Ia mengatakan para korban nantinya akan diedukasi secara pribadi. Ia juga telah menemui keluarga korban. Dalam pertemuan itu, dirinya menyampaikan bahwa ketika mereka dipulangkan, pihak keluarga harus melarang jika ada keinginan korban untuk kembali. Apalagi para korban ini ada yang sudah dua kali disandera oleh kelompok tersebut. Ia juga  berharap ada efek jera dari para korban sandera, agar jangan lagi punya keinginan untuk mencari nafkah di negeri orang.

“Jangan lagi kasihan pergi di Sabah Malaysia sana, kalau tidak mau lagi menjadi tahanan ASG. Lebih baik kita susah di kampung halaman ada keluarga yang melihat. Saya berharap ini tidak lagi terjadi, masih beruntung pulang masih dalam keadaan selamat semua, bagaimana jika sebaliknya. Artinya kita punya prinsip bahwa hujan emas di negeri orang itu masih lebih baik hujan batu di negeri sendiri,” ungkapnya.

Baca Juga

Back to top button