Prajurit TNI di Alahan Panjang Ajak Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

Abadikini.com, ALAHAN PANJANG – Hari Jum’at (9/4) pagi, ketika sinar mentari mulai menerangi langit di alam Lembah Gumanti, suatu daerah berjuluk “Negeri Dingin Tak Bersalju”, pasukan militer Indonesia dari Koramil 10/Lembah Gumanti turun kelapanga, mereka tampak berada di kawasan Masjid UMMI di Jorong Usak Nagari Alahan Panjang. Disana mereka membaur dengan warga membersihkan masjid. Kehadiran prajurit kesana mendapat sambutan positif dari warga.

Komandan Kodim 0309 Letkol. Arm. Reno Triambodo melalui Danramil Kapten Chb. Indra Gunawan yang berhasil ditemui oleh reporter Abadikini.com dilokasi mengatakan kehadiran dirinya bersama prajurit ke Masjid yang diresmikan mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi itu adalah untuk terlibat dalam gotong royong membersihkan pekarangan masjid menjelang Ramadhan 1442 Hijriah. Selain itu untuk mendekatkan TNI dengan rakyat. Ia menuturkan, saat ini masyarakat di Alahan Panjang tidak terlepas dari ancaman pandemi Covid-19, karena itu ia mengajak semua pihak untuk selalu menjaga kebersihan diri, pekarangan rumah pribadi dan tempat ibadah. Momen penuh keakraban itu digunakan oleh prajurit untuk mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan protokol kesehatan yang telah diitetapkan pemerintah untuk melindungi rakyat dari ancaman virus mengerikan abad 21 itu.

“Mari kita biasakan hidup bersih dan menjaga lingkungan agar tetap berseri sehingga ketenangan bathin saat beribadah sebelum dan sesudah Ramadhan terawat dengan baik,”ungkap Kapten Chb. Indra Gunawan kepada reporter Abadikini.com, Jum’at (9/4) dilokasi goro, Masjid UMMI Alahan Panjang.

Ia mengatakan, selain prajuritnya juga hadir Perangkat Nagari Alahan Panjang dan Nagari Aie Dingin, Camat Lembah Gumanti, Kapolsek Lembah Gumanti dan jajaran serta Pengurus Masjid UMMI dan warga sekitar.

Kata Indra, keterlibatan tentara dalam aksi semacam itu bisa membangun rasa cinta tanah air dan cinta lingkungan ditengah masyarakat. Pasalnya, kata dia, menjaga lingkungan oleh masyarakat menandai kalau masyarakat cinta dengan tanah airnya. “Gotong royong yang dilakukan itu sebagai bentuk cinta rakyat kepada bangsa dan Negara,”demikian ungkap Indra dengan tersenyum kecil.

Lebih lanjut, Indra mengaku senang bisa berpartispasi dalam hal itu sebab selain dapat menjalin silaturrahmi dengan rakyat disekitar lokasi juga dapat menunjukkan kepada publik kalau prajurit TNI juga mencintai Masjid UMMI Alahan Panjang. Kesempatan itu kata Indra tidak sekali dua kali dilakukan prajuritnya, belum lama ini prajurit angkatan darat itu juga sudah ikut sera membersihkan lingkungan di Nagari Sungai Nanam.

Baca Juga

Back to top button