Promosikan Indonesia, KBRI Panama City Gelar Lomba Menyanyi Lagu Indonesia

Abadikini.com, PANAMA CITY – KBRI Panama City menggelar loba menyanyi lagu-lagu Indonesia untuk warga negara Panama, Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua.

Loba tersebut digelar lewat Youtube untuk memperkenalkan Indonesia serta menciptakan hubungan persahabatan antara masyarakat dari 4 (empat) negara akreditasi KBRI Panama City tersebut dan masyarakat Indonesia, melalui alunan musik dan lagu.

Dubes Panama City Sukmo Harsono mengatakan, pihaknya yakin media musik dapat membuat masyarakat di negara akreditasi merasa dekat dengan Indonesia karena musik adalah bahasa universal yang mampu menyatukan berbagai bangsa.

“Disamping itu juga, masyarakat Indonesia yang melihat orang Panama, Kosta Rika, Honduras dan Nikaragua menyanyikan lagu-lagu kesukaan mereka tentunya akan memunculkan rasa dan nuansa persahabatan,” kata Sukmo.

Situasi pandemi saat ini tidak menjadi hambatan untuk menyelenggarakan lomba karena seluruh kegiatan dilakukan secara virtual melalui Youtube. Melalui platform tersebut, masyarakat di Indonesia dan seluruh dunia dapat menyaksikan bagaimana masyarakat dari empat negara di kawasan Amerika Tengah tersebut menyanyikan lagu-lagu populer dari Indonesia.

Warga Panama, Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua dapat mengikuti lomba tersebut dengan menyanyikan dua lagu Indonesia yakni satu lagu wajib (Rayuan Pulau Kelapa) dan satu lagu pilihan lainnya, serta mengunggah rekaman video menyanyi ke akun Youtube mereka. Video yang dibuat wajib diberi judul “Yo Canto en Indonesio – (nama peserta)” dan diberikan tagar #yocantoenindonesio.

Promosikan Indonesia, KBRI Panama City Gelar Lomba Menyanyi Lagu Indonesia

Kategori peserta dibagi dua yaitu dewasa dan anak- anak. Informasi lebih lengkap dapat dilihat di akun sosial media KBRI @indonesiainpanamacity (Instagram), @Indonesian Embassy Panama City (Facebook), atau portal KBRI https://kem.lu/YoCantoEnIndonesio.

Pemenang akan dipilih sebanyak 8 (delapan) orang dari Panama, Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua dengan rincian 2 (dua) orang (1 dewasa dan 1 anak-anak) dari masing-masing negara.

KBRI Panama City akan menyediakan hadiah bagi para pemenang lomba masing- masing berupa uang sebanyak USD 200 dan berbagai souvenir serta produk khas Indonesia.

Dalam penyeleksian pemenang video peserta lomba, Dubes RI, Sukmo Harsono akan menjadi juri bersama dua alumni beasiswa Indonesia, yakni Cristian Mejia, alumni beasiswa

Darmasiswa yang berprofesi sebagai seniman dan musisi dari Kosta Rika; dan, Leysi Riquelme, alumni beasiswa KNB yang juga pengajar kursus bahasa Spanyol – Indonesia dari Panama.

Pengiriman dan pendaftaran video lomba menyanyi akan ditutup pada tanggal 19 Mei 2021, dan pemenang lomba akan diumumkan melalui media sosial KBRI Panama City pada tanggal 31 Mei 2021.

“Diharapkan Lomba Menyanyi Lagu Indonesia ini dapat menjadi sebuah terobosan untuk meningkatkan hubungan antar masyarakat Indonesia dan Panama, Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua. Dengan adanya peningkatan hubungan antar masyarakat, tentunya hal tersebut menjadi fondasi bagi berbagai kerja sama bilateral antar negara yang bermanfaat dan menguntungkan masyarakatnya,” ucap Sukmo yang juga waketum Partai Bulan Bintang nonaktif itu.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker