Setahun Karyawannya Bekerja di Rumah, Facebook Berencana Buka Kembali Kantornya

Abadikini.com, JAKARTA – Setelah setahun karyawannya Work From Home (WFH), kini Facebook bermaksud membuka kembali kantornya untuk kegiatan Work from Office (WFO) atau bekerja di kantor. Rencananya Facebook membuka kembali kantor mereka di Silicon Valley pada Mei 2021.

Sebelumnya, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan rencana kerja jarak jauh ketika awal pandemi. Zuckerberg menjanjikan setengah dari karyawan Facebook boleh bekerja jarak jauh dalam 5-10 tahun ke depan.

Namun hingga saat itu, pekerjaan tatap muka dalam kapasitas terbatas masih dijalankan. Demikian menurut rencana jangka panjang Facebook.

Mengutip The Verge, Rabu (31/3/2021), Facebook membuka kembali kantornya di Bay Area, San Francisco, termasuk di antaranya kantor pusat mereka di Menlo Park namun membatasi kapasitas karyawan yang hadir hanya 10 persen dari keseluruhan karyawan.

Laporan Bloomberg menyebut, Facebook mengharapkan kantor terbesarnya tidak mencapai kapasitas 50 persen hingga September mendatang.

Selain membatasi jumlah orang yang bekerja di kantor, Facebook juga berencana mewajibkan penggunaan masker, jaga jarak, dan tes Covid-19 pekanan untuk mencegah penularan virus di lingkungan kantor.

Sebelumnya perusahaan teknologi Twitter mengambil langkah besar untuk melaksanakan Work form Home seterusnya. Di mana, tiap karyawan memiliki opsi untuk bekerja dari rumah sepanjang waktu.

Lain halnya dengan Twitter, Twitter sendiri belum menetapkan waktu kapan kantornya akan dibuka. “Ini akan dilakukan secara bertahap, kantor demi kantor dengan kapasitas 20 persen untuk permulaan,” kata juru bicara Twitter.

Sementara, Google dan Microsoft sedng mencari model hybrid di masa mendatang. Microsoft sendiri mulai membuka kembali kantor pusatnya di Redmond, Washington, pada 29 Maret 2021.

Perusahaan juga menyebut karyawan tetap dapat bekerja dari rumah atau sesuai keinginan mereka.

Rencana Google masih kurang pasti, namun pada 2020, dikatakan bahwa karyawan mereka bisa bekerja dari rumah hingga September 2021.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button