Musrenbang RKPD Kabupaten Solok Tahun 2022 Dibuka

Abadikini.com, AROSUKA – Pemerintah Kabupaten Solok membuka musyawarah rencana pembangunan kabupaten solok tahun 2022 di Gedung Solok Nan Indah hari Senin, 30 Maret 2021. Acara itu mengambil tema “Pemulihan Ekonomi  Melalui Sektor Strategis Daerah Pertanian, Pariwisata dan UMKM”, dibuka oleh Plh. Bupati Solok, Aswirman.

Hadir dalam acara itu antara lain Ketua DPRD Kabupaten Solok, perwakilan Kepala Bappeda Propinsi Sumbar, Kaban Barenlitbang Kabupaten Solok, Kepala OPD lingkup Pemda Solok, Camat dan Forkopimda Kabupaten Solok.

Sekretaris Barenlitbang Kabupaten Solok Ir. Desmalia Ramadhanur selaku Ketua Pelaksana menyebutkan kalau acara itu untuk mematangkan rencana RKPD tahun 2022 menjadi rancangan akhir RKPD dengan cara menyelaraskan program dan kegiatan antar SKPD dengan memperhatikan aspirasi masyarakat yang kemudian hasilnya digunakan untuk pemutakhiran rancangan RKPD Kabupaten Solok. Selain itu juga untuk mensinergikan intervensi yang dilakukan berbagai pihak,berbagai sektor dan tingkatan pemerintahan dalam penanganan isu – isu strategis.

Kata dia, acara itu diikuti oleh 150 orang peserta yang terdiri dari unsur DPRD, forkompinda, instansi vertikal, delegasi Kecamatan, pemuka masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya. Ia menturkan, kegiatan itu digelar pula secara virtual zoom meeting dengan kapasitas 500 akun serta live streaming yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo dan komunikasi Kabupaten Solok dengan narasumber Bappeda Provinsi Sumatera Barat, dan Barenlitbang Kabupaten Solok. “Hasil yang diharapkan dari musrembang RKPD Kab Solok tahun 2022 ini adalah rumusan kesepakatan yang dituangkan kedalam berita acara kesepakatan sesuai dengan peraturan Mendagri No 86 tahun 2017 yang ditanda tangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan yang menghadiri Musrembang RKPD Ini,”kata Desmalia dihadapan peserta.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Solok dalam kesempatan itu juga memberikan informasi bahwa DPRD Kabupaten Solok sudah menyampaikan pokok-pokok pikiran ke pemerintah daerah melalui sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) pada minggu ke 3 bulan maret. “Kami berharap agar semua usulan yang telah disampaikan tersebut agar mendapatkan perhatian bagi pemerintah daerah serta dapat tertuang dalam dokumen RKPD tahun 2022,”ungkap Dodi Hendra.

Kata dia,  musrembang RKPD tahun 2022 diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi antar perangkat daerah dan mengokohkan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan seluruh pemangku kepentingan di kabupaten Solok.

Sementara Plh. Bupati Solok menjelaskan kalau acara itu memiliki peranan penting dan strategis dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Solok tahun berikutnya. “Rangkaian kegiatan ini berfungsi sebagai konsultasi publik untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat melalui setiap tahapan musrembang mulai dari rembuk jorong, musrembang nagari dan musrembang kecamatan,”ujar dia.

Menurutnya perencanaan pembangunan yang dirancang diharapkan tidak hanya berupaya untuk menyelesaikan permasalahan pada saat ini namun juga mampu mengantisipasi permasalahan dimasa yang akan datang.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker