Capten Ali Ibrahim Buka Advokasi Terpadu Desa Pangan Aman BPOM Tidore

Abadikini.com, TIDORE – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Sofifi melaksanakan Advokasi Terpadu Desa Pangan Aman, Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas dan Pangan Jajanan yang Dikomsumsi Anak Usia Sekolah Aman yang dibuka secara langsung oleh wali kota Tidore Kepulauan Capten Ali Ibrahim di Aula Sultan Nuku Kantor wali kota Tidore, Selasa (30/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim mengatakan bahwa Balai POM telah menginisiasi program dan kegiatan dibidang keamanan pangan yang berbasis masyarakat sejak Tahun 2014. Mulai dari program Desa Pangan Aman, Program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas, serta Pangan Jajanan Anak Sekolah Aman.

Program ini diintegrasikan melalui kegiatan Germas SAPA yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman yang dilaunching pada Tahun 2017 oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Ketiga program tersebut merupakan Program Prioritas Nasional yang tercantum dalam RPJM 2020-2024, sehingga Pada Tahun ini BPOM di Sofifi melaksanakan intervensi 3 Program Prioritas Nasional tersebut di Kota Tidore Kepulauan, atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPOM di Sofifi. Semoga program-program yang akan dilaksanakan pada Tahun ini mampu berdampak secara menyeluruh baik dari sisi supplay maupun demand terkait keamanan pangan,” kata Capten Ali

Untuk itu, Capten Ali juga berharap agar peran dan kerja sama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan sangat diperlukan dalam menyukseskan program dari Badan POM ini.

“Tanpa ada dukungan dan kerjasama yang baik, antara BPOM dan Pemerintah Daerah maka ketiga program intervensi ini tidak akan mampu berjalan dengan optimal dan tujuan pun tidak tercapai, oleh karena itu, kami berpesan agar koordinasi dan kerja sama yang baik telah terbina agar dapat terus ditingkatkan sehingga tujuan tercapainya kesehatan masyarakat, dan peningkatan kualitas SDM, serta daya saing bangsa dapat tercapai,” Ujarnya.

Sementara, Sambutan Kepala Balai POM di Sofifi yang diwakilkan Kasubag Tata Usaha Muhazir S Panti mengatakan bahwa Desa Pangan Aman, program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas, serta Pangan Jajanan yang dikonsumsi Anak Usia Sekolah merupakan aksi Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian Masyarakat Desa, komunitas sekolah dan komunitas pasar dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan aman sampai pada tingkat perseorangan dan meningkatkan serta memperkuat ekonomi di tiga komunitas tersebut.

Muhazir juga menambahkan bahwa sasaran dari kegiatan ini ada Pemerintah Daerah dan lintas sektor di lingkungan Pemerintah Kota Tidore serta kelurahan dan Desa dengan jumlah peseerta sebanyak 54 orang yang terdiri dari tim keamanan pangan desa yakni Lurah atau Kepala Desa, Sekretaris dan calon kader keamanan pangan Desa.

Kegiatan ini juga menghadirkan Narasumber, Dra Indrie Mayatie Asri Gani, Andi Kirana, Dr Sofyan Saraha, Gemala Thamrin dan Zainudin Umasangadji.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker