Intip Pesona Keindahan Gunung Anak Krakatau

Abadikini.com, JAKARTA – Panorama alam gunung Anak Krakatau memang sangat menakjubkan. Akses menuju kawasan tersebut juga terbilang mudah, sehingga tidak menyulitkan siapa saja yang ingin menjelajahi keunikannya. Gunung ini tercatat sebagai wilayah Provinsi Lampung, sehingga Anda bisa mengunjunginya melalui Carita di kawasan Banten atau Lampung.

Anak Krakatau diapit oleh Laut Jawa di sebelah timur, Samudara Indonesia di sisi Barat dan Selat Sunda di bagian selatan. Kebanyakan wisatawan lebih memilih untuk menyewa kapal di Pulau Sabesi untuk bisa singgah di gunung tersebut. Menurut penelitian para ahli, ketinggian gunung ini terus bertambah sedikitnya 4 cm setiap tahunnya. Saat ini Anak Krakatau tercatat memiliki ketinggian 700 mdpl.

Berbagai pulau cantik juga terdapat di sekitar gunung akibat letusan dahsyat Krakatau. Pulau itu adalah Sertung, Panjang dan Rakata.

Cara lain untuk mencapai gunung tersebut adalah menggunakan kapal kayu nelayan atau speedboat yang disewakan warga Anyer di Banten atau Kalianda di Lampung Selatan. Kalau melalui Kalianda hanya dibutuhkan waktu sekitar 90 menit, dengan keamanan lebih baik karena ombaknya relatif kecil.

Setelah naik kapal, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan trekking mulai tepian pantai, melintasi hutan hingga tiba di kawasan gunung. Biawak sangat banyak dijumpai di kawasan tersebut, jadi Anda harus ekstra waspada. Ketika melewati hutan, Anda akan disuguhi pemandangan Anak Krakatau yang pastinya memukau.

Gunung Anak Krakatau selalu tampil memukau. Entah saat diam atau mengeluarkan semburan abu vulkanik. Pemandangan ini kerap diabadikan oleh fotografer dan menjadi pemandangan memukau bagi banyak wisatawan. Bahkan, beberapa pulau di sekitar Gunung Anak Krakatau dijadikan spot terbaik untuk menikmati keindahan Gunung Anak Krakatau, yaitu:

1. Pulau Sebuku Besar
Berada di pulau ini, wisatawan dapat menikmati biota laut. Banyak wisatawan yang ke sini hanya untuk snorkeling. Pulau ini berada di kawasan Lampung Selatan. Tidak perlu berenang terlalu dalam karena dari permukaan, Anda sudah bisa melihat karang-karang dan berbagai ikan laut di sini.

2. Pulau Sebuku Kecil
Sesuai namanya, ukuran pulau ini memang kecil. Jika berada di salah satu ujung pulau, Anda akan melihat ujung pulau lainnya. Di pulau ini, Anda bisa bersantai di pantai dengan pasir putih. Airnya bersih dan jernih. Sama dengan Sebuku Besar, pulau ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang eksotis.

3. Pulau Sebesi
Sebesi merupakan pulau yang memiliki banyak penduduk. Pulau ini memiliki jarak terdekat dengan Gunung Anak Krakatau. Wisatawan bisa menginap di Pulau Sebesi karena terdapat berbagai pilihan homestay di pulau ini. Berada di Pulau Sebesi tidak akan membosankan. Banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan. Selain pantai yang indah, pulau ini juga memiliki bukit dengan ketinggian 844 mdpl. Anda bisa trekking di bukit sambil menikmati keindahan alam khas pegunungan. Uniknya di sini juga terdapat air terjun.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button