Trending Topik

Dubes KBRI Panama City Fasilitasi Ekspor Produk Unggulan Bogor

Abadikini.com, PANAMA CITY – KBRI Panama City bekerja sama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bogor telah menyelenggarakan webinar dengan judul Peluang Ekspor- Impor, Industri Pariwisata dan Investasi Indonesia – Panama, Honduras, Kosta Rika, dan Nikaragua.

Baca Juga

Acara tersebut dibuka oleh Wali Kota Bogor Bima Arya dan dihadiri oleh 100 lebih peserta baik dari anggota HIPMI maupun umum.

Bima Arya mengatakan, pada 2020 produk ekspor unggulan Bogor turun sebesar 25,86 persen. Hal tersebut diakibatkan kondisi perekonomian dunia yang tengah turun karena pandemi Covid-19.

“Melalui kerja sama dengan KBRI, diharapkan peluang ekspor produk Indonesia dari Bogor serta peluang kerja sama lainnya dapat ditingkatkan”, kata Bima Arya.

Beberapa produk ekspor unggulan Bogor yang masuk ke kawasan Amerika antara lain produk olahan karet dan produk olahan dari kayu.

“Saat ini Bogor tengah mendorong peningkatan ekspor produk seperti kopi, ikan, lada, kayu manis, cengkeh, tanaman hias, serta berbagai produk dari UMKM seperti kerajinan dan makanan,” ujarnya.

Duta Besar RI di Panama City Sukmo Harsono menyampaikan pandangan tentang kondisi hubungan ekonomi dan sosial budaya Indonesia dengan Panama, Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua serta peluang kerja sama yang dapat dikembangkan.

Menurut Sukmo, Panama, Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua merupakan negara yang secara umum memiliki iklim tropis seperti halnya Indonesia, sehingga secara alam maupun produk pertanian yang dihasilkan rata-rata memiliki kesamaan dengan Indonesia.

“Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Indonesia untuk mengembangkan berbagai kerja sama misalnya dalam bidang pertanian, pariwisata, industri, kesehatan, pengembangan fasilitas logistik, serta kerjasama bidang pendidikan khususnya pengembangan teknologi”, jelas Sukmo yang juga wakil ketua umum Partai Bulan Bintang (PBB) non-aktif itu.

Dalam upaya mempromosikan Indonesia di negara akreditasi, KBRI Panama City pada 2021 akan mengikuti pameran Virtual Expo Negocios Latinoamerica (22 – 30 Maret 2021) dan Expocomer (1 – 4 September 2021).

KBRI juga tengah menjajaki kemungkinan pembentukan display center produk Indonesia di Panama, khususnya di daerah Zona Libre Colon. Untuk itu, Sukmo mengundang para pengusaha muda Indonesia untuk datang dan melihat langsung potensi Panama serta bekerjasama untuk membuka display center Indonesia di Panama.

Sukmo juga menyampaikan tips pendekatan kepada pengusaha di 4 negara akreditasi KBRI Panama. Di antaranya dengan membangun hubungan yang intens dan personal serta pentingnya pendekatan budaya dalam upaya memasarkan produk baik barang maupun budaya dan pariwisata Indonesia.

“Saya menyarankan agar para pengusaha bekerja sama dengan pemda untuk menyertakan pameran budaya dan pendidikan dalam setiap pameran dagang, karena kecintaan pada budaya menimbulkan minat untuk mencoba produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, saya mengharapkan agar HIPMI dapat berkolaborasi khususnya dengan Pemda Bogor”, terangnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button