Trending Topik

Sidang Perdana Diwarnai Aksi Walkout Rizieq Shihab, Hakim Menegur Jaksa

Abadikini.com, JAKARTA – Sidang perdana kasus pemalsuan surat hasil tes swab Covid-19 yang menyeret Habib Rizieq Shihab sebagai terdakwa berujung ricuh di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (16/3). Akibatnya, Rizieq dan kuasa hukum akhirnya memilih walkout.

Baca Juga

Rizieq memutuskan walk out setelah puluhan pengacara yang hadir di ruangan sidang terlebih dahulu menyatakan tidak akan mengikuti sidang. Mereka keluar ruangan karena menyatakan tetap ingin sidang digelar offline.

Akibatnya, usai insiden walk out ini, hakim pun menegur jaksa. Hakim menegaskan seharusnya jaksa memiliki petugas yang berjaga di Bareskrim agar bisa memastikan Rizieq ikut sidang.

“Penuntut umum, mohon perhatiannya, ya. Memastikan terdakwa di ruang di Bareskrim adalah kewajiban saudara. Paham?” kata hakim ke jaksa dalam persidangan itu pada, Selasa (16/3/2021).

Lebih lanjut Hakim menegaskan kepada pihak jaksa penuntun umum bahwa kehadiran terdakwa adalah bagian dari tugas Jaksa. Ia pun menyayangkan tidak adanya pihak kejaksaan yang standby di bareskrim khusunya di ruang audio visual terdakwa.

“Apabila Saudara tidak bisa menghadirkan terdakwa di ruang audio visual yang ada di Bareskrim berarti sidang tidak bisa dilanjutkan. Saudara wajib menghadirkan Terdakwa. Oleh karena itulah ada petugas kejaksaan yang harus standby di sana,” tegas Hakim.

Majelis hakim meminta agar Rizieq segera dihadirkan lagi. Hakim mengatakan sidang tersebut akan ditunda jika Rizieq tak bisa dihadirkan.

“Info sementara majelis, bahwa yang bersangkutan (Rizieq) lari dari persidangan,” kata salah satu jaksa penuntut umum.

“Peringatan dari majelis. Apabila dalam waktu 30 menit nanti, tetap tidak bisa menghadirkan terdakwa, maka sidang ditunda,” ujar Hakim.

Baca Juga

Back to top button