Cegah Peredaran Narkoba, Lapas Surabaya Rutin Razia Blok Hunian Warga Binaan

Abadikini.com, SIDOARJO – Untuk mengantisipasi peredaran handphone, pungli, dan narkoba (halinar) serta barang terlarang lainnya, dan menjaga keamanan dan Ketertiban di Lingkungan Blok Hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Surabaya di Porong Sidoarjo, rutin melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Blok Hunian WBP.

Kepala Lapas Kelas I Surabaya, Gun Gun Gunawan mengatakan bahwa, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk menjaga keamanan dari peredaran dan penyalahgunaan narkotika atau obat-obatan terlarang lainya.

“Selain melakukan P4GN (Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika), razia tersebut merupakan salah satu deteksi dini gangguan kemanan dan ketertiban di dalam Lapas.” kata Gun Gun, Senin (15/3/2021).

Gun Gun menjelaskan, razia tersebut melibatkan Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (SATOPS PATNAL) dan bekerjasama dengan Polda Jatim untuk tindaklanjut dan langkah percepatan deteksi dini Blok dan Kamar Hunian WBP sesuai dengan Arahan Dirjen Pemasyarakatan terkait Upaya Deteksi dini Cegah Gangguan Kemanan dan Ketertiban.

“Sesuai dengan Arahan Bapak Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Kami jajaran pengamanan melakukan kegiatan Deteksi dini meliputi upaya maksimal P4GN, Peningkatan intesitas Kontrol Blok Hunian, Kontrol Keliling Kondisi Fisik Bangunan baik dinding Kamar, teralis besi, dan Branggang Setiap Blok, razia penggeledahan pada kamar hunian,” jelasnya.

Gun Gun juga menyampaikan bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan sebagai bentuk komitmen dan keseriusan Lapas Surabaya dalam pencegahan peredaran narkoba serta deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban.

“Razia ini juga untuk mentertibkan seluruh barang warga binaan yang ada di kamar hunian agar terlihat rapih dan bersih serta sesuai dengan peraturan yang ada,” ujar Gun Gun.

Mengutip arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS), Reynhard Silitonga, Gun Gun menegaskan bahwa, ada 3 hal utama yang menjadi kunci Pemasyarakatan maju, yaitu Deteksii Dini gangguan Keamanan dan ketertiban, berantas peredaran Narkotika, dan Sinergi dengan aparat penegak hukum dan pihak terkait, satu kata, satu tujuan, untuk Pemasyarakatan Maju.

“Kepada seluruh jajaran, saya minta untuk saling mendukung dan memperkuat Lapas Surabaya yang bersih dari halinar (handphone, pungli dan narkotika). Jangan hanya sebatas ikrar, tapi yang penting adalah implementasi,” tegas Kalapas Surabaya Gun Gun Gunawan.

Back to top button