Trending Topik

Nazaruddin Dinilai Sanggup Buka-bukaan Korupsi Gurita Cikeas Tapi…..

Abadikini.com, JAKARTA – Mantan politisi Partai Demokrat I Gede Pasek Suardika memprediksi Muhammad Nazaruddin bisa membongkar soal kasus korupsi yang berada didalam lingkaran gurita Cikeas.

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat tersebut saat ini berada pada kubu Kongres Luar Biasa (KLB) dibawah komando Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

”Itulah yang ditunggu kubu Moeldoko. Muntahan pernyataan, data, dan dokumen tentang gurita korupsi akan ditembakkan,” tulis Pasek dalam pribadinya, dikutip Jumat (12/3/2021).

Seperti diketahui istilah gurita mengingatkan orang pada buku Gurita Cikeas yang ditulis almarhum George Aditjondro perihal dugaan korupsi yang membuat keluarga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) panas.

Menanggapi hal itu, pengamat politik Emrus Sihombing menilai Nazaruddin tidak akan membuka dugaan korupsi Cikeas.

“Saya menduga, lebih cenderung tidak dibuka,” kata Emrus Jumat (12/3).

Menurut Emrus, jika Nazaruddin membuka hal itu, Partai Demokrat kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga akan membuka kartu buruk kubu Moeldoko.

“Di kubu AHY kan juga ada mantan koruptor, yang inisialnya AM. Jadi, kalau mereka membuka, yang di sebelah sana juga membuka,” jelasnya.

Emrus menambahkan, kubu Moeldoko dan AHY punya kelemahan yang sama, yakni sama-sama punya kader yang pernah terlibat dengan tindakan pidana korupsi.

“Jadi, lebih cenderung tidak terbuka, karena akan membuka hal-hal dan orang-orang yang tidak tersebut namanya, bisa jadi tersebut,” imbuhnya.

Sosok Nazaruddin mempunyai rekam jejak sebagai pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat di era kepemimpinan Anas Urbaningrum.

Namun, saat itu Nazaruddin terseret kasus korupsi proyek Wisma Atlet SEA Games 2011 Palembang. Akibat nyanyiannya tersebut, Andi Mallarangeng, Angelina Sondakh, Anas Urbaningrum berurusan dengan KPK. (*)

Baca Juga

Back to top button