Pelajar SMA di Konawe Utara Dibekali Pendidikan Politik dan Demokrasi

Abadikini.com, WANGKUDU – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan pendidikan politik dan demokrasi kepada kalangan siswa dan siswi SMA.

Kegiatan yang bertema “Pendidikan Politik dan Demokrasi bagi Generasi Mudah Kabupaten Konawe Utara” dibuka langsung oleh sekda Kasim Pagala di aula Konasara kantor Bupati Konut, Senin (8/3/2021).

Hadir sebagai pemateri ketua DPRD Konawe Utara Ikbar, Ketua Komisi II DPRD Rabiudin Aspa, kepala kesbangpol Hasran Abu Bakar dan kepala Bidang Kesbangpol Politik Dalam Negeri Arman sebagai Moderator

Sekda Konut mengatakan, Pendidikan Politik bagi generasi mudah sangatlah penting untuk betul-betul di ikuti sertakan karena Pendidikan Politik dan demokrasi harus mereka mengajarkan dan mengetahuinya apa itu politik.

“Generasi sekarang harus lebih dini mengetahui Pendidikan Politik karena Generasi mudah memiliki potensi yang besar bagi kekuatan politik karena Jumlah pemuda dan pemudi yang lebih banyak, dan  sebagai pemerintah daerah mengharapkan Kepada generasi mudah supaya terlibat langsung dalam berpartisipasi berpolitik khusunya dalam pemilihan Umum sebagai pemilih Pemula,” kata Hasran Abu Bakar.

Ketua DPRD Konut Ikbar menyampaikan, pemuda yang berumur 16 tahun dan 30 tahun memiliki peran utama dalam pendidikan politik.

Karena itu, tegas politisi Partai Bulan Bintang (PBB) ini bahwa sebagai pemuda posisinya merupakan calon pemimpin yang memiliki Ide kreatif, intlektual, terdidik dan terutama memiliki jiwa semangat besar dalam memajukan mempertahankan kemajuan suatu Bangsa.

“Generasi mudah berperan penting dalam dunia politik sebagai energi bangsa penerus masa depan, generasi muda itu masi memiliki idealisme yang tinggi, semangat kebangsaan serta komitmen yang keras untuk memperbaiki kehidupan di daerahnya,” kata Ikbal.

Menurut Ikbal, sekarang sudah banyak anak mudah yang ikut tampil di pentas lokal maupun Nasional mulai dari level Kepala Desa, Legeslatif maupun kepala daerah. salah satunya adalah  termasuk saya apa lagi urutan kedua indonesia termuda sebagai ketua DPRD Kabupaten Konawe Utara.

“Rabiudin Aspa saat membawakan materi kita patut berterimakasih kepada Dinas Kesbangpol yang sudah memfasilitasi kegiatan pendidikan politik bagi generasi mudah yang kita harapkan yang lebih mudah untuk memahami tentang pendidikan politik dan demokrasi karena kalian tongkat estafet berada di tangan generasi mudah, saya yakin kedepan di antara peserta yang disini pasti ada yang menjadi Bupati, wakil Bupati atau anggota DPRD maka kami harapkan generasi mudah harus lebih memahami pendidikan politik dan demokrasi,” Ungkapnya.

“Bagi generasi mudah diharap paham dan mengerti akan kewajiban serta haknya selaku warga negara, selain itu tegaknya ideologi pancasila tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk ditekankan lada kaum mudah sebagai generasi Penerus bangsa kita,” Pungkasnya.

Baca Juga

Back to top button