Terlibat Barcagate, Josep Cs Ditangkap Polisi

Abadikini.com, JAKARTA – Kepolisian Catalunya dikabarkan telah menangkap mantan presiden Barcelona Josep Maria Bartomeo pada Senin (01/03/2021) waktu setempat.

Penangkapan ini terkait dengan keterlibatannya dalam skandal Bacagate yang dilakukannya saat masih menjadi presiden Barcelona.

Bartomeu ditangkap di rumahnya dan polisi kemungkinan masih akan melakukan penangkapan lebih lanjut sambil menanti perkembangan investigasi kasus ini.

Selain Bartomeo, sejumlah orang penting lainnya di Barceloa juga ikut ditangkap, anara lain CEO Oscar Grau, kepala bagian hukum Roman Gomez Ponti, hingga Jaume Masferrer, yang merupakan penasihat Bartomeu.

Dilansir Candera SER, Mossos d’Esquadra atau kepolisian Catalunya telah menangkap para petinggi tersebut sembari menggeledah kantor Barcelona di Camp Nou untuk mencari barang bukti pada Senin (1/3) pagi waktu setempat.

Mereka akan diperiksa terkait kasus Barcagate tahun lalu, di mana para petinggi klub diduga melakukan kampanye kotor terhadap pemain dan mantan pemain yang kritis terhadap kebijakan klub dan Bartomeu.

Lionel Messi, Gerard Pique dan Pep Guardiola hanya sedikit nama yang dijadikan sasaran oleh kampanye tersebut, di mana Barca diduga menyewa sebuah agensi bernama I3Ventures untuk mengarang cerita negatif terhadap mereka dan disebar melalui media sosial.

Selain mereka, istri Messi, Antonella, juga jadi sasaran kampanye negatif itu, termasuk juga Xavi Hernandez, Carles Puyol, dan mantan presiden Joan Laporta.

Salah satu contoh cerita negatif itu adalah soal Messi, yang disebutkan sengaja mengulur waktu dalam menandatangani perpanjangan kontrak baru. Isu ini memanas pada musim panas tahun lalu yang membuat Messi nyaris hengkang.

Barcelona diklaim telah menggunakan jasa I3Ventures sejak 2017 dan telah melakukan pembayaran kepada agensi itu dengan jumlah yang nilainya hampir mencapai €1 juta (sekitar Rp17,2 miliar).

Penangkapan Bartomeu dan para petinggi Barca terkait Barcagate ini tentu menambah rumit krisis yang dialami klub. Seperti diketahui, Barca dilaporkan berada dalam kondisi finansial yang gawat, selagi performa tim di dalam lapangan juga tengah menurun.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker