Pesona Pantai Pasir Putih, Pangandaran Nan Aduhai

Abadikini.com, JAKARTA – Terkenal dengan pantainya, Pangandaran memiliki sejuta pesona. Pangandaran juga memiliki segudang potensi alam yang mengesankan. Tidak salah jika kemudian banyak destinasi wisata di Kabupaten termudah di Jawa Barat ini, yang layak untuk dikunjungi.

Berada di sisi Barat pantai Pangandaran, nampak satu sisi pantai dengan penampilan yang berbeda di Cagar Alam Pananjung. Itulah Pantai Pasir Putih.

Sesuai namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna putih. Hal ini berbeda dari umumnya kawasan pantai yang lain di sekitar Pangandaran yang berpasir kecokelatan.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah nuansa alami yang masih cukup terjaga. Karena berada di kawasan konservasi, Anda dapat melihat sejenis kera yang berkeliaran disekitar pantai ini. Kera tersebut ada yang cukup jinak untuk didekati dan diajak bermain, tetapi ada pula yang bersikap agresif.

Banyak hal yang bisa dilakukan di pantai ini, antra lai; menyelam atau snorkeling di perairan dangkal di dekat Pantai Pasir Putih. Airnya yang jernih memungkinkan anda untuk melihat hingga ke dasar dan mengamati biota laut seperti kuda laut, bintang laut, teripang, tiram dan ikan yang ada di sana.

Di pinggir pantai, anda bisa mencoba mencari kulit kerang dan potongan ganggang (rumput laut) segar yang hanyut terdampar di pantai. Anda juga dapat mengajak anak-anak bermain pasir atau sekedar duduk menikmati panorama alam yang masih tetap terjaga meskipun sempat diterjang tsunami beberapa tahun yang lalu. Dari Pantai Pasir Putih ini kita dapat melihat keindahan alam Pantai Selatan Ciamis yang membentang dari Batu Karas hingga Pangandaran

Pantai ini terpisah oleh tebing batu karang dengan kawasan Pantai Barat yang lain. Untuk mencapai pantai ini, ada dua rute yang bisa kita ambil yaitu jalur darat dan jalur laut. Melalui darat, kita bisa masuk melalui gerbang barat Cagar Alam Pananjung, kemudian berjalan kurang lebih 300 meter. Sedangkan melalui laut, kita dapat menyewa perahu dari kawasan Pantai Barat.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button