Hari Ini Presiden Jokowi Akan Pantau Vaksinasi Covid-19 di Yogyakarta

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan memantau langsung vaksinasi Covid-19 massal di Yogyakarta, Senin (1/3/2021).

Seperti dikutip di laman Setkab.go.id, rencananya ada sejumlah titik yang akan dikunjungi Jokowi di Kota Yogyakarta.

Jokowi telah bertolak menuju Yogyakarta pada Minggu (28/2). Dari pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 16.00 WIB, Kepala Negara dan rombongan terbatas lepas landas menuju Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Kabupaten Sleman, DIY.

Selama di Yogyakarta, Jokowi juga direncanakan untuk meresmikan pengoperasian kereta rel listrik (KRL) lintas Yogyakarta-Solo. Turut serta bersama Presiden dalam keberangkatan menuju DIY tersebut Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Pemerintah terus berupaya melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat. Hingga 28 Februari, data menunjukkan sebanyak 1.691.724 orang telah menerima vaksin tahap pertama.

Program vaksinasi dilakukan untuk mempercepat terwujudnya kekebalan kelompok (herd immunity) di Indonesia. Kementerian Kesehatan juga telah menerbitkan regulasi terkait vaksinasi gotong royong, dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, menjelaskan yang dimaksud dengan vaksinasi Gotong Royong adalah pelaksanaan vaksinasi kepada karyawan/karyawati/buruh dan keluarga yang pendanaannya ditanggung atau dibebankan pada perusahaan.

“Seluruh penerima vaksin Gotong Royong tidak akan dipungut bayaran,” ungkapnya.

Untuk biaya atas pelayanan vaksinasi Gotong Royong, tarif maksimal akan ditetapkan oleh Kemenkes. Biaya pelayanan vaksinasi Gotong Royong yang dilakukan oleh fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat/swasta tidak boleh melebihi tarif maksimal yang ditetapkan oleh Kemenkes.

Baca Juga

Back to top button