Gegara Hadiri Jamuan Makan Malam, Jubir PM Jepang Mundur

Abadikini.com,TOKYO – Juru bicara Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, Makiko Yamada akan mengundurkan diri dari jabatannya. Yamada dan sejumlah birokrat senior lainnya mendapat teguran setelah menghadiri jamuan makan malam bernilai fantastis yang diselenggarakan oleh putra Suga.

Dilansir dari laman Reuters, Senin (1/2/2021), Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato mengatakan Yamada secara resmi akan mengajukan pengunduran dirinya pada Senin, 1 Maret 2021.

Pemerintahan Suga, termasuk Sekretaris Kabinet Hubungan Masyarakat, Yamada (60), menghadapi kemarahan publik setelah pada bulan lalu, sebuah majalah Shukan Bunshun melaporkan putra tertua Suga, Seigo Suga, seorang eksekutif di sebuah perusahaan film, membayar makan malam mahal untuk para birokrat senior Jepang.

Undang-Undang Etika Pegawai Negeri Sipil Jepang melarang pegawai pemerintah menerima hadiah atau hiburan dari perusahaan atau individu yang terlihat ‘menjilat’.

Sejumlah laporan media lokal juga mengatakan Yamada kini dirawat di rumah sakit, yang berarti dia akan melewatkan rapat komite parlemen hari Senin (1/3). Rapat itu rencananya akan menanyakan terkait kegiatan makan malam dengan Seigo Suga pada 2019 lalu, ketika Yamada menjabat di Kementerian Urusan Dalam Negeri dan Komunikasi.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker