Trending Topik

Gubernur Anies Jadi Bulan-bulanan Media Asing Soal Banjir Jakarta

Abadikini.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi bulan-bulanan pemberitaan media Internasional hari ini terkait banjir Jakarta pada, Sabtu (20/2/2021).

Media yang berbasis di Singapura, Channel News Asia memberitakan banjir hari ini dalam artikel berjudul “Jakarta slammed by monsoon floods, more than 1,000 forced to evacuate”.

“Banjir parah di beberapa daerah di ibu kota Indonesia memaksa lebih dari seribu orang meninggalkan rumah mereka pada Sabtu (20 Februari), dengan badan meteorologi negara memperingatkan bahwa kondisi tersebut akan berlanjut hingga minggu depan,” demikian Channel News Asia mengawali artikelnya hari ini, Sabtu (20/2/2021).

Media asing tersebut juga menuliskan pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai banjir ini.

“Dua ratus RT telah terdampak, menurut data terakhir,” kata Anies Baswedan kepada televisi lokal pada Sabtu pagi, menambahkan bahwa lebih dari dua lusin pusat evakuasi telah disiapkan di seluruh kota.

Media asing lainnya, Al-Jazeera juga memberitakan banjir ini dalam artikel berjudul “Monsoon floods hit Indonesian capital, forcing 1,300 to evacuate”.

“Meski penduduk Jakarta terbiasa dengan banjir besar di musim hujan, para ilmuwan memperingatkan bahwa banjir semakin parah,” demikian ditulis Al-Jazeera dalam artikelnya.

Media yang berbasis di Doha, Qatar itu juga memuat pernyataan Anies Baswedan. “Hujan sudah berhenti, tapi air dari daerah lain masih mempengaruhi Jakarta. Mudah-mudahan tidak sampai ke pusat kota dan saat air surut, orang-orang bisa melanjutkan aktivitasnya,” kata Anies seperti ditulis Al-Jazeera.

Media pemerintah China, Xinhua juga memberitakan banjir ini dalam berita foto berjudul “People wade through flood water in Jakarta, Indonesia”.

Kantor berita terkemuka, Reuters juga memberitakan dalam artikel berjudul “Indonesia Capital Slammed by Moonson flood, more than 1000 forced to evacuate”.

Reuters juga menyoroti bahwa banjir ini terjadi di saat Indonesia sedang kewalahan menghadapi pandemi Covid-19, di mana Indonesia merupakan negara dengan angka kematian tertinggi di Asia dan lebih dari 1 juta kasus infeksi saat ini.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button