Trending Topik

Anies Klaim Banjir Jakarta Surut hanya dalam Waktu 3 Jam

Abadikini.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui sejumlah wilayah di Jakarta memang terendam banjir sejak Sabtu (20/2/2021) pagi.

Menurut Anies banjir tersebut cepat waktu surutnya hanya berkisar tiga jam saja, lantaran ia dan jajarannya cepat menanganinya.

“Air insyaallah ada waktu surut,” kata Anies Baswedan di GOR Otista, Jakarta Timur hari ini.

Dia mengatakan, dari 200 RT yang terdampak banjir besar kali ini, sudah ada 87 RT yang surut. Dengan begitu kawasan yang masih tergenang saat ini adalah 113 RT.

“Per jam 12.00 sudah ada 87 RT yang telah surut. jadi statusnya sekarang tinggal 113 yang masih ada genangannya,” tandasnya.

Anies mengatakan kawasan yang sudah surut ini terendam banjir tidak lebih dari tiga jam. Artinya durasi waktu tersebut jauh lebih cepat dari target Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang mengaku banjir Jakarta bisa surut dalam enam jam.

“Anda Bayangkan saja dalam waktu 3 jam dari 200 sudah kurang jadi 113,” tuturnya.

Kendati ada ratusan kawasan yang terendam banjir kali ini, namun Anies mengatakan, persentase kawasan yang terdampak sangat kecil yakni hanya 0,6 persen tempat yang terdampak karena total RT di Jakarta sebanyak 30.070 RT.

“Jadi ada 0,6 persen tempat yang terdampak,” tuturnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berharap banjir yang melumpuhkan Jakarta pada hari ini segera surut supaya ribuan warga yang mengungsi karena hunian mereka teredam segera pulang tempat penampungan sementara.

Adapun jumlah pengungsi akibat banjir kali sebanyak 1.361 dari 379 Kepala Keluarga. Mereka kini menepati 26 posko yang sudah disediakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Nah kita berharap nanti segera tuntas. sehingga masyarakat bisa kembali,” mudah-mudahan siang ini lebih banyak lagi yang surut,” pungkasnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button