Ahok Angkat Bicara Soal Penanganan Banjir Sekaligus Soroti Rumah DP 0%

Abadikini.com, JAKARTA – Para netizen kembali mengenang dan membandingkan Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kembali dengan Gubernur Anies Baswedan dalam hal penanganan banjir saat banjir tengah merendam ibu kota.

Nah, apa komentar pria yang kini menjabat Komisaris Utama PT Pertamina soal penanganan banjir di DKI Jakarta?

Menurut mantan suami dari Veronica Tan itu, perlu adanya sinergitas antara pemerintah pusat dan Pemda DKI Jakarta dalam upaya mengatasi banjir. Dari pemerintah pusat misalnya melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian PUPR, mesti segera menyelesaikan normalisasi sungai. Sementara Pemprov DKI juga mesti membenahi daerah aliran sungai (DAS).

“Normalisasi daerah aliran sungai (DAS). Kalau mau dikembalikan ke bentuk semula DAS (tempat jalan air yang maksimal) semua bangunan yag terpaksa di daerah DAS kena bongkar,” kata Ahok saat dihubungi, Sabtu (20/2/2021).

Ahok mengaku, dirinya tak segan membongkar bangunan yang melanggar aturan DAS pada saat menjabat Gubernur DKI Jakarta. Contohnya ruko-ruko di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, maupun rumah warga.

Lanjut dia, Yang jelas jika Pemda DKI Jakarta mau menertibkan DAS, maka harus ada solusi bagi warga yang terdampak. Misalnya menyediakan rumah susun (rusun) dengan harga yang terjangkau.

Selain itu status rusun tersebut juga hak milik. Menurutnya, warga yang terdampak penertiban DAS jangan diarahkan untuk program rumah DP 0%, karena belum tentu gajinya cukup.

“Sediakan saja yang banyak rumah susun yang terjangkau. Milik seumur hidup hak tinggal dan bayarnya murah. Disuruh beli rakyat gaji UMP apalagi gaji nggak menentu mana sanggup beli rumah 0 persen? Banyak perumahan lagi sepi jualan bunga 0 persen. Jangankan DP 0 persen, kalau gaji UMP mana bisa cicil pokoknya,” tegas Ahok

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker