Wamenkumham Puji Kebersihan di Lapas Sleman

Abadikini.com, SLEMAN – Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham), Edward Omar Sharif Hiariej melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sleman, Jumat (19/2/2021). Hal ini dilakukan guna memastikan kesiapan Lapas Sleman dalam meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Tiba tepat saat Lapas Sleman melaksanakan apel pagi, kunjungan Wamenkumham tersebut merupakan yang pertama di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta setelah ia dilantik.

Eddy, sapaan akrabnya, meninjau ke dalam lingkungan wisma hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Sleman. Pihaknya memuji wisma hunian WBP yang terlihat bersih. “Kamar di wisma hunian Lapas Sleman ini terlihat bersih,” pujinya seperti dilansir dari ditjenpas.co.id.

Ruang bimbingan kerja di lapas tak luput dari pantauan Wamenkumham. Eddy turut menyaksikan eberapa kegiatan pelatihan kerja dan hasil karya WBP, seperti kentongan ukir, meubelair, sablon, dan pangkas rambut.

Kegiatan sidak diakhiri dengan kunjungan Wamenkumham ke Kampung Asimilasi Lapas Sleman yang bekerja sama dengan Yayasan Bina Insan Berdikari Yogyakarta. “Kampung Asimilasi merupakan sarana yang sangat efektif untuk melakukan pembinaan kemandirian WBP, dengan harapan setelah menjalani masa pidana mereka dapat mengaplikasikannya di kehidupan masing-masing,” jelas Eddy.

Dalam kunjungan ini Wamenkumham begitu terkesan melihat Lapas Sleman yang bersih, tertata, asri, serta jauh dari kata kumuh. Lebih dari itu, pihaknya memberikan dukungan penuh Lapas Sleman yang tengah membangun Zona Integritas WBK.

Back to top button