Berkas Pelantikan Capt Ali Ibrahim-Muhammad Sinen Telah Diserahkan ke Gubernur Malut

Abadikini.com,TIDORE – Berkas usulan pelantikan wali kota-wakil wali kota Tidore Kepulauan terpilih Capt Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen telah masuk ke gubernur Maluku Utara melalui biro pemerintahan setda provinsi Malut. Usulan berkas tersebut adalah merupakan usulan yang pertama masuk di gubernur Maluku Utara.

Hal ini disampaikan langsung oleh kabag tata pemerintahan setda kota Tidore Kepulauan, Zulkifli Ohorella, usai menyerahkan seluruh dokumen tersebut ke biro pemerintahan pada, Jumat (19/2/2021).

“Sekitar 9 dokumen yang menjadi persyaratan usulan pelantikan ke Gubernur Maluku Utara, sudah kami penuhi semuanya dan telah diterima pihak Provinsi tadi sebelum Jumat,” kata Zulkifli dalam keterangan yang diterima Abadikini.com, Jumat.

Menurut Zulkifli, sesuai surat menteri dalam negeri melalui direktur jenderal otonomi daerah bernomor 131/966/OTDA, terdapat kurang lebih 13 dokumen yang menjadi persyaratan usulan.

Sembilan berkas diantaranya kata dia, menjadi kewajiban pemkot Tikep untuk disampaikan ke Pemprov.

“Dokumen yang menjadi kewajiban kami seperti keputusan pleno KPUD tentang rekapitulasi perhitungan suara dan penetapan pasangan calon terpilih, serta keputusan DPRD terkait pengumuman penetapan pasangan calon terpilih. selain itu dokumen risalah rapat, berita acara dan daftar hadir, semuanya sudah kami serahkan,’ ujar Zulkifli.

Zulkifli menjelaskan, pemerintah Kota Tidore Kepulauan menargetkan pelantikan wali kota dan wakil wali kota Tidore Kepulauan Terpilih dilaksanakan pada minggu keempat di bulan Februari 2021 ini

Sehingga tegas Zulkifli, seluruh persyaratan sudah dikebut, tinggal kami berkoordinasi lagi dengan pihak Provinsi untuk bisa bisa secepatnya mengusulkan ke Mendagri.

“Kami juga berencana untuk ikut mengawal usulan Gubernur ke Mendagri nanti” katanya.

Semnetara, Plh. kepala biro pemerintahan setda provinsi Maluku Utara Taufiqurrahman Marasabessy membenarkan penyerahan tersebut.

Menurut Taufiqurrahman , kota Tidore Kepulauan adalah pemda yang pertama kali menyampaikan berkas usulan pelantikan wali kota terpilih ke Gubernur.

“Mereka sudah membawa seluruh dokumen tersebut dengan lengkap termasuk yang softcopynya. Kalau sudah dengan file PDFnya kan enak, tinggal kami langsung upload terlebih dahulu, nanti berkas fisiknya menyusul,” kata Taufiqurrahman.

Turut hadir dalam penyerahan dokumen tersebut, Kabag Persidangan Sekretariat DPRD, Imran Mustafa yang juga ikut menyiapkan sejumlah dokumen hasil paripurna DPRD.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker