PM Selandia Baru Sediakan Produk Menstruasi Gratis

Abadikini.com, SELANDIA BARU – Semua sekolah di Selandia Baru akan memberikan produk menstruasi secara gratis mulai Juni mendatang.

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk memberantas kemiskinan menstruasi. Pihak berwenang khawatir beberapa siswi membolos karena mereka tidak mampu membeli produk seperti tampon dan pembalut wanita.

Langkah ini mengikuti program percontohan yang berhasil tahun lalu di 15 sekolah.

“Kaum muda tidak boleh ketinggalan pendidikan karena sesuatu yang merupakan bagian normal dari kehidupan setengah populasi,” terang Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern.

Ardern mengatakan satu dari 12 anak muda di Selandia Baru tidak bersekolah karena kemiskinan menstruasi. Yakni ketika mereka yang berpenghasilan rendah tidak mampu membeli atau mengakses produk menstruasi yang sesuai

Dia mengatakan menyediakan produk haid gratis adalah salah satu cara pemerintah untuk mengatasi kemiskinan, meningkatkan kehadiran di sekolah, dan “memberikan dampak positif pada kesejahteraan anak-anak.”

Skema ini akan membebani pemerintah Selandia Baru sebesar USD18 juta (Rp252 miliar) dari sekarang hingga 2024.

Pada November tahu lalu, Skotlandia menjadi tempat pertama di dunia yang menawarkan produk sanitasi gratis bagi “siapa pun yang membutuhkannya”, termasuk di tempat umum.

Di Inggris, produk mesntruasi gratis diluncurkan di semua sekolah dasar (SD) dan menengah tahun lalu. Sejumlah negara bagian Amerika Serikat (AS) juga telah mengesahkan undang-undang yang mewajibkan produk menstruasi gratis harus disediakan di sekolah

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker