Ini Rekam Jejak Komjen Agus Andrianto Pengganti Jabatan yang Ditinggalkan Kapolri

Abadikini.com, JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga merotasi sejumlah posisi strategis di Polri melalui surat telegram bernomor ST/318/II/KEP/2021 diterbitkan pada hari Rabu (18/2/2021).

Salah satunya adalah Kabaharkam Komjen Agus Andrianto diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabareskrim Polri.

Komjen Agus sebelumnya menjabat Kabaharkam Polri. Agus mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan Sigit setelah menjadi Kapolri.

Lulusan Akpol 1989 mengawali karirnya dengan bertugas di Polres Dairi. Setelah itu, Agus menjabat Kapolsek Sumbul pada 1992.

Setahun setelahnya, Komjen Agus digeser menjadi Kapolsek Parapat pada 1993. Dua tahun kemudian, Agus ditunjuk sebagai Kapolsek Percut Seituan.

Selama menjadi perwira menengah, Komjen Agus juga sempat menduduki sejumlah jabatan strategis. Pada 2007, Komjen Agus ditugaskan menjadi Kapolres Tangerang.

Pria kelahiran Blora, Jawa Tengah pada 16 Februari 1967 itu kemudian dirotasi menjadi Kapolres Metro Tangerang.

Usai menjabat Kapolres Metro Tangerang, Komjen Agus ditarik lagi kembali ke Sumut untuk mengisi jabatan Dirkrimum Polda Sumut.

Komjen Agus pernah menangani kasus penting dan menyita perhatian publik saat menjabat Dirtipidum Bareksrim Polri, yaitu penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Kasus itu kemudian selesai dilimpahkan ke pengadilan dan Ahok kini telah dijatuhi hukuman penjara.

Setahun kemudian, Komjen Agus dimutasi menjadi Wakapolda Sumut. Pada 2018, Komjen Agus dipromosikan menjadi Kapolda Sumut.

Setelah Kapolda Sumut, Komjen Agus lalu ditunjuk menjadi Kabaharkam Polri.

Dan sekarang Komjen Agus ditunjuk menjadi Kabareskrim menggantikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang saat ini jadi Kapolri.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker