Liga Champions Bakal Gunakan Format Baru

Abadikini.com, JAKARTA – UEFA bakal membuat format baru kompetisi Liga Champions pada 2024. Format baru ini akan melibatkan 36 tim, dan tidak bertandingan pada akhir pekan untuk menghormati kompetisi liga nasional di masing-masing negara.

Baca Juga

Dilansir dari media Spanyol, Radio Marca, Rabu (17/2), format baru ini diajukan UEFA yang tengah berupaya menghadaoi ancaman kompetisi baru Super Liga.

UEFA meyakini, mereka membutuhkan perubahan pada format kompetisi Liga Champions dengan menghormati tiga area utama.

Yaitu, Liga Champions akan terus dimainkan tidak di akhir pekan. Kemudian akses ke kompetisi ini terus berlanjut melalui kompetisi liga nasional, dan jumlah tim di liga nasional akan tetap sama.

Format baru ini akan dimulai tiga tahun mendatang, dan berlanjut hingga 2033. Di Liga Champions format baru akan ada pembatasan lima atau enam tim per negara. Kemudian empat tempat tambahan akan ditentukan dengan beberapa cara.

Yakni dua klub berdasarkan peringkat koefisien UEFA, satu tambahan untuk liga peringkat kelima (Ligue 1 Prancis), dan satu tempat lagi untuk liga terbaik yang tidak memiliki perwakilan di Liga Champions.

Fase pertama akan dimainkan dari September hingga Januari, dan setiap tim akan memainkan 10 pertandingan menghadapi lawan yang berbeda. Delapan tim teratas akan langsung lolos ke babak 16 besar, dan tempat kesembilan hingga ke-24 akan memainkan babak playoff untuk menentukan delapan tim lainnya di babak 16 besar.

Pertandingan akan berlangsung pada Selasa dan Rabu, dan akan ada empat pertandingan pada Kamis yang memiliki pertandingan Liga Champions.

Baca Juga

Back to top button