Terima Kunjungan Dubes Spanyol, Ali Ibrahim Ingatkan Peristiwa 500 Silam di Tidore

Abadikini.com, TIDORE – Walikota Tidore Capt. Ali Ibrahim kembali menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar Kerajaan Spanyol Jose Maria Matres Manso bersama rombongan di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Selasa (16/2/2021).

Dalam sambutannya Ali Ibrahim mengingatkan soal sejarah 500 tahun silam yang pernah terjadi di Tidore.

“Saya berharap Kedutaan Besar Spanyol dapat membangun satu Monument di Kota Tidore Kepulauan untuk mengenang 500 Tahun pelayaran mengelingi dunia yang dilakukan oleh Magellan-Elcano, yang sempat singgah di Tidore dan menjadi tonggak sejarah pengetahuan bahwa bumi itu bulat” kata Ali.

Ali Ibrahim juga selaku Wakil Presiden GNMC, menegaskan agar Kapal Latih Sebastian De El Cano yang datang pada bulan Maret 2021 harus singgah dan berlabuh di pelabuhan Trikora Tidore, “ Saya tidak mau kapal berlabuh di Ternate, harusnya di Tidore karena rute ini mengingatkan akan sejarah perjalanan yang sesungguhnya,” tegas Ali.

Ali Ibrahim juga berharap kerja sama ini dapat dilanjutkan, dan meminta ditampilkan tarian/teater khas spanyol yang menceritakan perjalanan Magelhaens dan De El Cano pada Acara Seremoni kedatangan Kapal Latih Sebastian De El Cano yang rencananya pada bulan Maret mendatang yang akan di tampilkan di dua lokasi yakni Kedaton Kesultanan Tidore dan Pantai Tugulufa sehingga bisa disaksikan oleh Masyarakat Tidore.

Sedangkan duta besar Kerajaan Spanyol Jose Maria Matres Manso dalam sambutannya mengatakan sebagai duta besar, tentu focus menjalin kerjasama yang baik di semua wilayah Maluku utara, namun tetap masih fokus di Tidore serta mempersiapkan dan menjalin koordinasi sehubungan dengan kedatangan Kapal Latih Sebastian De El Cano.

“Pelaksanaan Sail Tidore bagi kami adalah jendela yang terbuka untuk sejumlah kesempatan bagi kerjasama perusahan Spanyol dan perusahan Indonesia, khususnya perusahan di Kota Tidore, kami akan membicarakan kerjasama maupun investasi lebih lanjut” tutup Jose Maria Matres Manso.

Turut hadir Atase Pertahanan Antonio Alvaro, Atase Perdagangan Raul Merchan Fernandes, Pj Sekda Muhammad Miftah Bay, Dandim 1505 Tidore, Kapolres Tidore, Perwakilan dari Kesultanan Tidore, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi serta OPD di Lingkup Kota Tidore Kepulauan. (*)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker