Melirik Pesona Wisata Pantai di Sulut

Abadikini.com, JAKARTA – Sulawesi Utara adalah salah satu provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan ibu kota terletak di kota Manado. Sulawesi Utara atau Sulut berbatasan dengan Laut Maluku dan Samudera Pasifik di sebelah Timur, Laut Maluku dan Teluk Tomini di sebelah Selatan. Laut Sulawesi dan Provinsi Gorontalo di sebelah Barat, dan Provinsi Davao del Sur (Filipina) di sebelah Utara.

Baca Juga

Pulau ini menyimpan banyak kekayaan pada lautnya yang indah sehingga tempat wisata yang berpontensi sebagai wisata pantai dengan pemandangan indahnya di pantai ini.

1. Pantai Pal

Pantai Pal, Sulut. Foto: Istimewa

Pantai Pal adalah salah satu Pantai yang terletak di Pulau Sulawesi Utara dan berbicara mengenai hal keindahan pantai di pulau Sulawesi Utara. Tentu masih asing terdengar oleh pecinta pantai yaitu Pantai Pal yang terletak di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara. Setiap akhir pekan dan hari libur nasional, Pantai Pal selalu dipadati ribuan warga yang ingin menikmati suasana pantai berpasir putih ini.

Ketika Sapuan ombak dari tengah laut di bibir pantai tampak seperti gulungan kertas putih yang merupakan ciri khas pemandangan di area Pantai Pal. Di balik pantai mal menyimpan sejuta keindahan aura kecantikan beserta keanekaragaman keindahan yang berada di laut Pantai Pal.

2. Pantai Temboko Lehi
Pantai ini adalah salah satu pantai yang indah dan sering dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal maupun wisatawan dari manca negara karena keeksotisan pantai ini. Pantai ini memiliki air laut yang berwarna biru dan panorama yang cukup indah di sekelilingnya dan yang membuatnya unik adalah air lautnya yang tidak dingin tetapi panas.

Pantai Lehi ini ternyata terletak di kaki gunung api Karengetang yang masih aktif Karena itulah di sepanjang garis pantai, air akan terasa panas. Bahkan air lautnya pun tidak asin seperti air laut pada umumnya dan karena itulah pantai ini menjadi daya tarik dan berbeda dengan pantai lain yang ada pada umumnya.

3. Pantai Lakban
Pantai ini lokasinya terletak di Kecamatan Ratatotok, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara merupakan salah satu potensi Tempat Wisata yang menjanjikan keindahan alam. Dari Kota Manado, Anda harus menempuh jarak 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling indah di Sulawesi Utara dan juga mempesona.

Seperti Pantai Lakban yang mulai tenar saat ini, meskipun cukup jauh dari Manado namun tak sedikit masyarakat Manado dan sekitarnya ataupun yang jaraknya lebih jauh lagi dari Pantai Lakban. Keindahan pantai ditambah dengan pagar pohon kelapa yang memanjang mengikuti garis pantai membuat kenyamanan dan ketenangan di Pantai Lakban Sulawesi Utara.

4. Pantai Pulisan
Pasir putih yang halus menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri dari Tempat Wisata ini dan ombak yang tenang juga menjadikan rasa aman untuk bermain air. Selain itu di sebelah barat pantai terdapat juga wisata hutan lindung dengan aneka ragam pohon yang berusia ratusan tahun yang menjadi daya tarik. Pasir di pantai Pulisan memang sangat indah, bebatuan yang eksotis serta bukit savana yang memukau dan banyak diminati oleh para wisatawan.

5. Pantai Malalayang
Banyak wisatawan yang memilih Tempat Wisata ini, menjadi tujuan wisata bersama keluarga di akhir pekan, karena biayanya terjangkau serta pemandangan bawah lautnya yang indah. Bahkan, jenis-jenis ikan khas perairan Sulawesi yang sebagian sudah langka ada di Pantai Malalayang dan dengan mudah kita temui di pantai ini.

Kondisi Pantai Malayayang yang terletak di ujung selatan kota Manado Sulawesi Utara, memiliki banyak hal yang menarik untuk di nikmati oleh setiap pengunjungnya. Diantaranya taman laut yang masih alami dengan berbagai jenis koral warna warni dan spesies ikan berbagai spesies belum juga pemandangan di sekitar.

6. Pantai Lihaga

Pantai Lihaga, Sulut. Foto: Istimewa

Ditempat ini, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan snorkling yang aman dengan menikmati pemandangan di bawah laut. Pemandangan bawah laut disekitar Pulau Lihaga tidak kalah cantiknya dengan laut-laut lainnya. Walaupun pulau ini tidak berpenduduk namun Anda tidak perlu khawatir karena dipulau ini memiliki fasilitas umum yang sudah tersedia.
Bahkan pulau ini telah memiliki bangunan dari kayu yang cukup besar. Anda juga bisa menginap di Pulau Lihaga tanpa khawatir dipungut bayaran lagi. Selain itu jika Anda berencana berkunjung ke Pulau Lihaga, jangan lupa untuk membeli makanan dan minuman terlebih dahulu karena di Pulau Lihaga tidak tersedia tempat makan.

7. Pantai Pasir Putih Lembeh

Pantai Pasir Putih Lembeh, Sulut. Foto: Istimewa

Pantai Pasir Putih Lembeh selain menyimpan pesona panorama namun pantai ini dijadikan hutan mangrove untuk mencegah abrasi ini merupakan inisiatif pemerintah kota. Salah satu kelurahan di pulau Lembeh yang kebagian penanaman mangrove ini adalah kelurahan Pasir Panjang tempat wisata pantai Kahona tadi.

Hutan mangrove yang biasa-biasa saja, kini menjadi tempat yang keren jika tempat ini dijadikan sebagai objek wisata. Hal tersebut bertujuan untuk menarik para wisatawan agar pengunjung pantai ini semakin banyak.

8. Pantai Likupang
Berlibur ke Sulawesi Utara kurang seru jika melewatkan Pantai Likupang maka wajib bagi traveler untuk mengunjungi Pantai Likupang yang sangat mempesona. Pantai yang memiliki pasir putih lembut dan air laut yang jernih ini, masih punya beberapa keistimewaan lainnya yang sayang jika Anda lewatkan.

Ditempat ini Anda juga bisa melihat salah satu hewan langka, yaitu penyu hijau. Karena hewan tersebut semakin langka dari hari ke hari, pemerintah berinisiatif untuk melindunginya di pulau Likupang ini.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button