Pesona Wisata di Seram Bagian Timur, Hidden Paradise

Abadikini.com, JAKARTA – Seram Bagian TImur adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Maluku ini memiliki segudang keindahan wisata pantai yang tak jauh berbeda dengan “Maldives”.

Baca Juga

Berikut ini sejumlah objek wisata yang ada Kabupaten Seram Bagian Timur yang sering dikunjungi.

1. Gumumae Beach

Gumumae adalah bahasa setempat, yang dalam bahasa Indonesia berarti ”Mari Berkumpul”, untuk mengunjungi tempat ini tidak butuh biaya besar, menikmati liburan akhir pekan di pantai yang berjarak lebih kurang 3 kilometer dari Kota Bula.

Suasana pantai terasa asri, kiri kanan jalan terdapat pohon cemara, diterpa embusan angin sepoi-sepoi yang mengundang rasa kantuk. Pantai Gumumai atau gumumae Beach. Pantai yang memiliki luas sekitar 30 hektar dan ditumbuhi lebih dari 2.000 pohon cemara, kini menjadi wisata pantai favorit masyarakat setempat.

Pantai Gumumai terletak di kawasan Teluk Sesar, sehingga perairan terasa teduh. Setiap tahun diselenggarakan lomba dayung, yang oleh masyarakat setempat disebut arumbai manggurebe.

2. Pulau Geser

Pulau Geser merupakan pulau yang sejak zaman dahulu di jadikan sebagai pusat perdagangan rempah-rempah, di kelilingi laut yang jernih dan eksotis dengan pasir putih yang terhampar luas.

Pulau ini terletak di sebelah timur Kota Bula, SBT dikelilingi laut dan pulau-pulau kecil yang menyejukkan mata, pulau geser ini juga di sebut-sebut singapura kecil dan maldivesnya indonesia.

Sangat cocok untuk hiburan Anda sekeluarga selain memiliki lingkungan alam yang asri, di kawasan laut sekitar pulau ini juga memiliki potensi bawah laut yang eksotik. Melalui aktifitas snorkling dan diving, wisatawan akan menikmati semua pesona alam bawah laut itu.

3. Tanjung Sesar

Wisatawan yang sedang menikmati keindahan Pantai Englas, dapat mengarahkan pandangan ke sebelah barat, di sana tampak terbentang Tanjung Sesar dengan segala pesonanya.

Wisatawan domestik yang berkunjung ke sini biasanya menikmati ikan bakar hasil tangkapan sendiri dengan jaring yang disewa dari penduduk setempat.

Situasi dan kondisi alam yang asri, pohon kelapa dan kasuaria yang tumbuh sepanjang pantai, dipastikan memberikan kesan yang damai dan tenang. Waktu tempuh dari Pantai Englas ke Tanjung Sesar + 15 menit.

4. Pulau Koon

Pulau ini berada di tengah lautan, perjalanan dari kota kecamatan Seram Timur, Geser, ke Pulau Kon + 2 jam menggunakan kapal motor. Selain memiliki lingkungan alam yang asri, di kawasan laut sekitar pulau ini juga memiliki potensi bawah laut yang eksotik.

Melalui aktifitas snorkling dan diving, wisatawan akan menikmati semua pesona alam bawah laut itu, sama dengan pesona yang ditemukan dalam pengalaman wisata di Pulau Karang Bais di Bula, maupun Danau Sole di Amasekaru,Gorom.

5. Pantai Englas

Pantai Englas`terletak di sebelah Barat Kota Minyak, Bula, oleh masyarakat di kecamatan ini, Pantai Englas dikenal sebagai pantai yang indah, berpasir putih dengan air lautnya yang jernih serta pemandangan alamnya yang eksotik.

Saat ini objek wisata Pantai Englas kerap digunakan sebagai tempat rekreasi, renang dan memancing. Bagi wisatawan yang sudah tiba di Kota Ambon, Pantai Englas bisa menjadi salah satu agenda tujuan wisata.

Dari kota Bula ke pantai Englas menempuh waktu sekitar 15 manit dengan menggunakan mobil sewaan atau motor wisatawan bisa tiba ke spok wisata ini.

6. Pulau Karang Bais

Aktifitas wisata di Kota Minyak Bula mencapai klimaksnya manakala wisatawan mengunjungi Pulau Karang Bais. Pulau ini oleh masyarakat Bula disebut sebagai pulau sejuta pesona. Pulau tanpa pohon dan penghuni.

Pesonanya terletak pada keindahan potensi bawah lautnya, mulai dari hamparan beragam bentuk terumbu karang, ratusan jenis ikan berbagai bentuk, ukuran dan warna. Pulau Karang Bais, dapat dijangkau dengan menggunakan Speed Boat dari pantai Bula hanya dalam tempo 30 menit. –

7. Danau Sole
Tersembunyi dibalik rimbunya pepohonan, Danau Sole yang berada di desa Amarsekaru, Kecamatan Pulau Gorom, Seram bagian TImur ini sesungguhnya sudah dikenal di seluruh dunia.

Wisatawan mancanegara sangat sering berkunjung ke danau air laut ini melalui perjalanan panjang dari negara mereka menggunakan kapal pesiar.

Siapa sangka, telaga bening berwarna biru kehijauan ini pernah dikunjungi legendaris Rolling Stone Mick Jagger dalam sebuah pelayaran swasta.

Danau ini memiliki dua sebutan, yaitu Sole atas dan Sole bawah. Area danau ini cukup luas dan menyuguhkan pemandangan danau yang indah. Untuk menuju Sole atas, wisatawan membutuhkan waktu sekitar 15 menit berjalan kaki dari area sole bawah.

Airnya yang sejernih kristal membuat kegiatan snorkeling dapat dilakukan pada tempat ini. Dalam danau ini juga hidup berbagai jenis biota laut dan terumbu karang yang indah, karena tempat ini merupakan danau dengan air laut.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button