Trending Topik

Menyelami Keindahan Bawah Laut Wakatobi

Abadikini.com, JAKARTA – Taman Nasional (TN) Wakatobi tawarkan keindahan alam dan eloknya kehidupan bawah laut. Wisata bahari yang memukau menjadi rekomendasi wajib untuk tujuan liburan Anda.

Baca Juga

Destinasi wisata yang terletak di Sulawesi Tenggara ini menyajikan keindahan alam bawah laut bagaikan surga tersembunyi yang menakjubkan.

Keindahan kawasan wisata TN Wakatobi ini tidak perlu diragukan lagi, karena telah diakui di seluruh negeri bahkan hingga mancanegara. Tempat ini makin dikenal luas setelah terekspos ekspedisi asal Inggris yakni Ekspedisi Wallacea pada tahun 1995. Dalam ekspedisi tersebut disebutkan bahwa kawasan yang terletak di Sulawesi Tenggara ini memang kaya akan beragam spesies koral.

Kawasan TN Wakatobi memiliki empat pulau utama yaitu Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia serta Binongko, yang mana jika keempat nama pulau tersebut disingkat menjadi Wakatobi. Selain keempat pulau utama tersebut, kawasan ini juga terdapat pulau memukau lainnya yaitu pulau Hoga, Anano, Rundumana dan Kapota.

Ditetapkan pada tahun 2002, Taman Nasional Wakatobi ini memiliki total area sekitar 1,39 juta hektar. Keanekaragaman hayati laut, kondisi dan skala karang yang terdapat di tempat ini menempati salah satu posisi dengan prioritas tertinggi konservasi laut di Indonesia. Oleh karena itu, tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit saat mengunjungi Sulawesi.

Keindahan Bawah Laut Wakatobi. Foto: Istimewa

Di TN Wakatobi ini terdapat 750 koral dari total 850 spesies yang ada di dunia. Maka dapat dikatakan bahwa, hampir 90 persen spesies koral terdapat di kawasan ini. Gugusan beragam bentuk koral yang apik menjadi andalan wisata di TN Wakatobi.

Sedikitnya ada 112 ragam terumbu karang tersebar di 25 titik yang berasal dari 13 famili berbeda. Selain itu, kedalaman air di sini juga bervariasi. Terdapat bagian datar melandai, bagian berupa tebing curam serta bagian terdalam perairan dapat mencapai 1.044 meter. Oleh karena itu, jika Anda berkesempatan menyelam tetap harus hati-hati.

Hal menarik lainnya yang dapat Anda temui di tempat ini yaitu beragam spesies ikan unik. Setidaknya terdapat 93 spesies ikan yang menghuni perairan Wakatobi ini. Selain itu, di TN Wakatobi terdapat juga beberapa jenis burung laut, penyu, dugong dan spesies langka lainnya. Jika beruntung, Anda dapat melihatnya secara langsung.

TN Wakatobi juga memiliki pengunjung tetap yang menjadikan perairan Wakatobi menjadi istimewa. Pengunjung tetap tersebut yakni seekor Paus Sperma (Physeter Macrocephalus). Pada bulan November, ketika belahan bumi lain membeku paus sperma akan berada di perairan Wakatobi untuk mencari tempat yang lebih hangat dan makanan yang berlimpah.

Tak hanya paus sperma, pengunjung tetap lainnya yaitu seekor Pari Manta (Manta Ray). Ikan bertubuh lebar bak raksasa tersebut merupakan ikan langka karena hanya ada di perairan laut tropis. Hewan unik tersebut tentunya merupakan sesuatu yang paling dicari bagi wisatawan.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button